Penulis Utama : Chika Dianra Ardiyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F.0112024
Tahun : 2016
Judul : Analisis Hubungan Suku Bunga Bank Indonesia, Inflasi, Nilai Tukar, dan Produk Domestik BrutoTerhadap Jakarta Islamic Index di Bursa Efek Indonesia Tahun 2001:Q1-2015:Q4
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0112024-2016
Subyek : INDIKATOR EKONOMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan suku bunga Bank Indonesia, inflasi, nilai tukar, dan produk domestik bruto terhadap Jakarta Islamic Index. Metode yang digunakan adalah Vector Error Correction Model. Data yang digunakan adalah data runtut waktu kuartalan tahun 2001 sampai dengan tahun 2015.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) Dalam jangka pendek tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara suku bunga dengan JII. Sedangkan dalam jangka panjang ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara suku bunga dengan JII; b) Dalam jangka pendek ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara inflasi dengan JII. Hubungan yang signifikan antara inflasi dengan JII juga ditemukan dalam jangka panjang. c) Dalam jangka pendek ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara nilai tukar dengan JII. Begitu pula dalam jangka panjang, ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara nilai tukar dengan JII; d) Dalam jangka pendek tidak ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara PDB dengan JII. Sedangkan dalam jangka panjang ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara PDB dengan JII; e) Respon JII terhadap goncangan variabel inflasi mencapai kestabilan yang paling cepat dibandingkan variabel lainnya diikuti variabel nilai tukar, PDB, dan suku bunga; f) Kontribusi terbesar hingga terkecil terhadap JII ditunjukkan masing-masing oleh suku bunga, inflasi, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, dan PDB.

Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini adalah kepada pemerintah dan otoritas moneter untuk terus berupaya menjaga kondisi perekonomian Indonesia tetap stabil melalui kebijakan yang terkait. Hal ini bertujuan agar invetasi dapat berjalan dengan baik. 

Kata Kunci: Jakarta Islamic Index, Indikator Ekonomi Indonesia,  VECM

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
chika.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Malik Cahyadin, S.E, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis