Penulis Utama : Annisaa Rahmawati
NIM / NIP : K7412027
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang; (2) pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang; (3) evaluasi yang dilakukan guru dalam implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang; dan (4) kendala yang dihadapi guru ekonomi dalam proses implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tempat/persitiwa, informan, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perencanaan implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang diawali dengan menyusun perangkat pembelajaran berupa RPP yang berpedoman pada silabus Kurikulum 2013; (2) pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang dilakukan dengan kegiatan tatap muka pembelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Guru menyampaikan nilai-nilai karakter yang dapat diinternalisasikan pada diri peserta didik dalam setiap langkah pembelajaran; (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian aspek kognitif, aspek psikomotor dalam bentuk rubrik penilaian diskusi, dan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran ekonomi dievaluasi dalam aspek afektif melalui lembar pengamatan sikap dengan indikator jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan kerja keras; (4) kendala yang dihadapi guru dalam proses implementasi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam pembelajaran ekonomi yaitu guru masih merasa kesulitan dalam memasukkan nilai-nilai karakter sesuai dengan materi pembelajaran, kondisi dan minat belajar peserta didik yang masih kurang, guru masih kesulitan dalam menggunakan model pembelajaran yang cocok dengan materi ekonomi, dan guru masih kesulitan dalam menilai karakter siswa.
Kata Kunci: Pendidikan karakter, Integrasi nilai karakter, pembelajaran ekonomi yang terintegrasi

×
Penulis Utama : Annisaa Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412027
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Pendidikan Karakter Yang Terintegrasi dalam Pembelajaran Ekonomi di SMA Negeri 2 Magelang
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si.
2. Leny Noviani, S.Pd.,M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.