Penulis Utama : Lynda Sischa Novrilyana
NIM / NIP : S881502010
×

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar geografi siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan model konvensional. (2) hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Tink Pair Share (TPS) lebih baik dibanding dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. (3) hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create And Share (SSCS) lebih baik dibanding model konvensional. (4) hasil belajar geografi siswa pada materi kearifan dalam pemanfaatan sumber daya alam antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) lebih baik dibanding dengan model konvensional pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Pengujian validitas menggunakan validitas butir soal untuk mengukur daya beda, tingkat kesukaran, dan reliabilitas. Pada pengujian normalitas menggunakan metode liliefors, sedangkan pengujian anava menggunakan anava satu jalan (one way Anava).
Hasil penelitian ini adalah : (1) Terdapat perbedaan skor hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS), model pembelajaran Tink Pair Share (TPS) dengan model pembelajaran konvensional. (2) Hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Tink Pair Share (TPS) lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share. (3) Hasil belajar geografi siswa yang menggunakan model pembelajaran Search, Solve, Create, and Share (SSCS) lebih efektif dibanding dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) Hasil belajar geografi materi kearifan pemanfaatan sumber daya alam yang menggunakan model pembelajaran Tink Pair Share (TPS) lebih efektif dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS MAN 1 Surakarta.
Kata kunci: Model pembelajaran, SSCS, TPS, Hasil Belajar, Materi Kearifan Pemanfaatan Sumber Daya Alam

×
Penulis Utama : Lynda Sischa Novrilyana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881502010
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Model Pembelajaran Search Solve Create and Share, dan Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi pada Siswa Kelas XI IPS MAN 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S.881502010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ch. Muryani, M. Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.