Penulis Utama : Kusuma Dewi Kris Andriyani
NIM / NIP : S421408008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrepsikan dan menganalisis keterkaitan faktor sosial terhadap kebiasaan membuang sampah di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan data sekunder BPS dari Survei Perilaku Peduli Lingkungan Hidup 2013. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi logistik biner.

Hasil analisisdeskriptif menunjukkan bahwa masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan di Pulau Jawa yaitu sebesar 16,25 persen. Provinsi Banten adalah provinsi yang mempunyai kebiasaan membuang sampah sembarang terbanyak di Pulau Jawa. Pengetahuan tentang lingkungan hidup berbanding lurus terhadap kebiasaan seseorang dalam mengelola sampahnya. Mayoritas penduduk dalam menangani sampahnya adalah dengan dibakar dimana hal tersebut memberikan dampak yang negatif juga untuk lingkungan.

Hasil  analisis  regresi logistik biner menunjukkan bahwa jenis kelamin, tingkat pendidikan, status kawin, dan pengalaman mendapatkan penyuluhan berpengaruh terhadap kebiasaan seseorang dalam membuang sampahnya di Pulau Jawa. Variabel-variabel tersebut juga berpengaruh hampir di semua provinsi-provinsi di Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Banten. Variabel yang mempengaruhi kebiasaan seseorang membuang sampah di Provinsi DKI Jakarta adalah pendidikan dan status kawin sedangkan variabel yang berpengaruh di Provinsi Jawa Timur adalah variabel jenis kelamin, pendidikan dan pengalaman mendapatkan penyuluhan. Penduduk yang berjenis kelamin perempuan, berpendidikan SMA ke atas, masih kawin, dan pernah mendapatkan penyuluhan tentang lingkungan hidup mempunyai kecenderungan lebih tinggi dari pada penduduk yang berjenis kelamin laki-laki, berpendidikan di bawah SMA, tidak kawin, dan tidak pernah mendapatkan penyuluhan tentang lingkungan hidup.

Penyuluhan diperlukan untuk membuka pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup untuk masa depan dunia yang lebih baik. Pemerintah perlu memberikan pelatihan terhadap masyarakat bagaimana dalam mengelaola sampah sehingga dapat memberikan nilai ekonomis pada masyarakat dan juga lingkungan.

 Kata kunci : Ekonomi Lingkungan, Sampah, Regresi Logistik Biner

×
Penulis Utama : Kusuma Dewi Kris Andriyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S421408008
Tahun : 2016
Judul : Keterkaitan Faktor Sosial Terhadap Kebiasaan Membuang Sampah di Pulau Jawa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ekonomi dan Studi Pembangunan -S.421408008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani, SE, M.Si
2. BapakDr. Suryanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.