Penulis Utama : Puput Martha Nugraheni
NIM / NIP : K7112183
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep daur air pada siswa kelas V SD Negeri 02 Jetis Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif komparatif dengan 4 komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi. Validitas isi digunakan untuk memvalidasi instrumen soal tes. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Proses pembelajaran pada prasiklus bersifat konvensional diperoleh rata-rata hasil tes awal sebelum tindakan yaitu 57,80 dengan ketuntasan klasikal 36,67%. Setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada siklus I terjadi peningkatan rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa menjadi 72,42 dengan ketuntasan klasikal 76,67%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata hasil tes pemahaman konsep siswa menjadi 81,92 dengan ketuntasan klasikal 86,67%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan pemahaman konsep daur air siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam khususnya materi daur air pada siswa kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Numbered Heads Together, pemahaman konsep, daur air

×
Penulis Utama : Puput Martha Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112183
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Daur Air Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Siswa Kelas V SDN 02 Jetis Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112183-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yulianti , M. Pd
2. Drs.Sutijan, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.