Penulis Utama : Djoko Priyanto
NIM / NIP : A120809107
×

Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh antara pendekatan metode latihan acceleration sprint dan sprint trainining terhadap prestasi lompat jauh,  (2) Perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki power otot tungkai tinggi, power otot tungkai sedang dan power otot tungkai kurang terhadap prestasi lompat jauh, (3) Pengaruh interaksi antara metode latihan dengan power otot tungkai terhadap prestasi lompat jauh.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik desain factorial dengan rancangan factorial 2 x 3, yang melibatkan dua buah variable bebas (independent), yaitu variabel bebas manipulative (metode latihan) dan variabel bebas atributif (power otot tungkai), sebagai variabel terikat (dependent) adalah peningkatan prestasi lompat jauh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler atletik putra SMP Negeri 1 Ngawi tahun 2014 yang berjumlah 42 siswa. Pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling. Data metode latihan diperoleh dengan tes power otot tungkai, sedangkan peningkatan prestasi lompat jauh diukur dengan tes lompat jauh.

Teknik analisis data menggunakan ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dahulu menggunakan uji normalitas sampel (Uji Lillifors dengan α = 0.05) dan uji homogenitas varians (Uji Bartlet dengan α = 0.05).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode latihan acceleration sprint dengan sprint training terhadap prestasi lompat jauh, Fhitung =24.5779> F tabel= 4.11. Pengaruh latihan acceleration sprint lebih baik dibandingkan sprint training, (2) Ada perbedaan peningkatan prestasi lompat jauh yang signifikan antara kelompok yang memiliki power otot tungkai baik, sedang dan kurang baik, Fhitung= 3.416> F tabel = 3.26. Peningkatan prestasi lompat jauh pada siswa yang memiliki power otot tungkai baik lebih baik daripada siswa yang memiliki power otot tungkai sedang dan kurang baik. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara metode latihan dan power otot tungkai terhadap prestasi lompat jauh, Fhitung= 60.5299> F tabel= 3.26.

Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pengaruh metode latihan acceleration sprint lebih baik dibandingkan dengan metode latihan sprint training, (2) Siswa yang memiliki power otot tungkai baik memiliki lebih tinggi dibanding dengan siswa yang memiliki power otot tungkai sedang, dan siswa  yang memiliki power otot tungkai sedang memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki power tungkai kurang baik, (3) 

Siswa yang memiliki power otot tungkai baik dan sedang yang mendapat metode latihan sprint training memiliki hasil lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki power otot tungkai baik dan sedang yang mendapat metode latihan acceleration sprint. Sedangkan siswa yang memiliki power otot  tungkai kurang baik yang mendapat metode latihan acceleration sprint memiliki peningkatan lebih tinggi dibanding siswa yang memiliki power otot tungkai baik dan sedang yang mendapat metode latihan sprint training terhadap peningkatan prestasi lompat jauh.  

Kata kunci : Metode latihan acceleration sprint, metode latihan sprint training, power otot tungkai, peningkatan prestasi lompat jauh

×
Penulis Utama : Djoko Priyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A120809107
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Acceleration Sprint dan Sprint Training Terhadap Peningkatan Prestasi Lompat Jauh Ditinjau Dari Power Otot Tungkai ( Studi Eksperimen Metode Latihan pada Siswa Putra Peserta Ekstrakurikuler Atletik SMP Negeri 1 Ngawi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Keolahragaan-A.120809107-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Kiyatno, dr., M.Or, AIFO
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.