Penulis Utama : Keanu Aji Pangasto
NIM / NIP : F0211062
×

Dalam sebuah toko retail modern, konsumen secara langsung menghadapi sebuah titik temu dimana berbagai macam brand dipajang di rak-rak toko. Menurut Dhar (2007), packaging atau kemasan produk memainkan peran yang sangat penting pada titik ini (juga dikenal sebagai titik pembelian), yang mana ini adalah poin yang paling penting dalam interaksi antara brand dengan konsumen, pada tahap inilah konsumen memutuskan membeli sebuah produk atau tidak.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh faktor-faktor yang berkaitan dengan desain kemasan produk terhadap keputusan pembelian oleh konsumen dan menganalisis dimensi dari desain kemasan mana yang paling dominan dalam menarik perhatian konsumen untuk kemudian memutuskan untuk melakukan pembelian, serta apakah health consciousness dan consumer innovativeness memoderasi pengaruh antara desain kemasan dengan keputusan pembelian konsumen.

Populasi penelitian ini adalah konsumen di kota Surakarta, dengan objek penelitian produk minuman PYURE. Sampel diambil sebanyak 150 responden dengan teknik convenience sampling dan data primer diperoleh dari kuesioner. Data yang diperoleh diuji dengan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi liner berganda dengan menggunakan software SPSS 16.

Hasil pengujian menunjukkan bahwa desain kemasan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen, dan baik consumer innovativeness maupun health consciousnessmemoderasi hubungan antara desain kemasan dengan keputusan pembelian.

Kata kunci:Desain Kemasan, Consumer Innovativeness, Health consciousness, Keputusan Pembelian.

×
Penulis Utama : Keanu Aji Pangasto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0211062
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Konsumen di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Manajemen-F.0211062-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Tanding Suryandari, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.