Penulis Utama : Yoga Ridho Laksono
NIM / NIP : K4612155
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Jeruklegi Cilacap tahun pelajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Jeruklegi Cilacap yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 7 siswa putra dan 24 siswa putri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar renang gaya bebas siswa pada Siklus I dari 31 siswa mencapai 67,21% atau sebanyak 21 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 83,87% atau sebanyak 26 siswa sedangkan 5 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 75.
Dari hasil analisis data diatas dapat disimpulan bahwa penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Jeruklegi Cilacap tahun pelajaran 2016 / 2017.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Renang Gaya Bebas, Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran.

×
Penulis Utama : Yoga Ridho Laksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612155
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas pada Siswa Kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Jeruklegi Cilacap Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasis-K.4612155-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes
2. Pomo Warih Adi, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.