Penulis Utama : Dian Saputriani
NIM / NIP : K8112019
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar khususnya pada kelincahan, melakukan permainan fisik dengan aturan dan terampil menggunakan tangan kanan dan kiri melaluipermainanwoodball.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Mawar Bantengan tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 anak. Objek dalam penelitian ini adalah perkembangan fisik motorik kasar anak melalui permainan woodball. Adapun pengumpulan data adalah melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles and Hubbermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, observasi, refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan fisik motorik kasar meningkat melalui permainan woodball.
Simpulan penelitian ini adalah permainan woodball dapat meningkatkan perkembangan fisik motorik kasar anak anak kelompok kelompok B TK Mawar Bantengan tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya perkembangan fisik motorik kasar anak pada setiap siklusnya. Ketuntasan pra tindakan sebesar 20%, siklus I sebesar 42,9% %, dan siklus II sebesar 82,9%.
Kata kunci : motorik kasar, permainan, woodball

×
Penulis Utama : Dian Saputriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112019
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Melalui Permainan Woodball pada Anak Kelompok B TK Mawar Bantengan Karanggede Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K.8112019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Warananingtyas Palupi, S.Sn., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.