Penulis Utama : Achmad Yudha Aditya P.
NIM / NIP : S591208013
×

Latar belakang. Abnormalitas fungsi sistolik dan diastolik dari venrikel kanan dan kiri banyak ditemukan pada pasien dengan PJB asinotik. Di Indonesia fasilitas untuk menilai fungsi ventrikel kiri berupa ekokardiografi tidak selalu tersedia di rumah sakit perifer, sehingga diperlukan penanda lain sebagai alternatif diantaranya red cell distribution width (RDW).

Tujuan. Menganalisis hubungan nilai RDW dan fungsi ventrikel kiri (ejeksi fraksi, fraksi pemendekan dan rasio E/A) pada anak dengan PJB asianotik di RS. Dr. Moewardi Surakarta.

Metode. Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional, subjek 33 anak PJB asianotik. Hubungan antara kadar RDW dan parameter fungsi ventrikel kiri dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman.

Hasil. Dari 33 subjek terdapat 17 laki-laki (51,5%). Didapatkan jenis PJB asianotik VSD 10 pasien (30,3%), ASD 15 pasien (45,5%) dan PDA 8 pasien (24,2%). RDW berkorelasi signifikan dengan rasio E/A pada PJB asianotik secara keseluruhan (r -0,342; p = 0,026). Pada VSD dan PDA, RDW tidak berkorelasi dengan parameter fungsi ventrikel kiri apapun. Namun pada ASD, RDW berkorelasi signifikan dengan ejeksi fraksi (r -0,491; p = 0,032).

Kesimpulan. Didapatkan hubungan antara RDW dengan parameter-parameter fungsi ventrikel kiri terutama rasio E/A pada pasien PJB asianotik. Selain itu juga terdapat hubungan antara RDW pada pasien ASD dengan ejeksi fraksi.

Kata kunci: Red cell distribution width, fungsi ventrikel kiri, PJB asianotik

×
Penulis Utama : Achmad Yudha Aditya P.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S591208013
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Nilai Red Cell Distribution Width (RDW) dan fungsi ventrikel kiri pada anak dengan penyakit jantung bawaan asianotik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : PPDS Ilmu Kesehatan Anak
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Dokter Spesialis Anak-S.591208013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. dr. Harsono Salimo, SpA(K)
2. dr. Sri Lilidjanti Widjaja, SpA(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.