Penulis Utama : Darjanto Utoro
NIM / NIP : K5612020
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Adanya pengaruh antara latihan metode drill dan berpasangan terhadap ketepatan smash pada atlet bulutangkis PB. Thokewoh Klaten pada tahun 2016. (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara drill dan berpasangan terhadap meningkatnya ketepatan  pukulan smash bulutangkis pada atlet PB. Thokewoh Klaten tahun 2016.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah semua atlet putra bulutangkis PB. Thokewoh Klaten tahun 2016 sebanyak 24 orang. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok I sebanyak 12 orang dan kelompok II sebanyak 12 orang dengan ordinal pairing. Dalam penelitian ini kelompok I mendapat latihan smash menggunakan metode drill sedangkan kelompok II mendapat latihan smash menggunakan metode berpasangan. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan adalah teknik ketepatan pukulan smash . Teknik analisis data yang dilakukan dengan analisis statistik, menggunakan uji t pada taraf signifikan 5%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) Ada perbedaan pengaruh antara latihan drill dan berpasangan terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash pada persatuan bulutangkis/PB Thokewoh Klaten tahun 2016. (thitung 4,3657 > ttabel 5% 2.228). (2) Metode latihan drill  memiliki  pengaruh lebih baik terhadap peningkatan ketepatan pukulan smash pada persatuan bulutangkis/PB Thokewoh Klaten tahun 2016. Kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan drill) memiliki peningkatan 25,444 % lebih besar dari pada kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan latihan berpasangan) yaitu 14,412 %.

Kata kunci :   latihan, bulutangkis, ketepatan, smash.

×
Penulis Utama : Darjanto Utoro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5612020
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Metode Latihan Drill dan Berpasangan Terhadap Ketepatan Pukulan Smash Pada Persatuan Bulutangkis Thokewoh Klaten Tahun 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Kepelatihan Olahraga-K.5612020-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M,Kes
2. Drs. Muh Mariyanto
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.