Penulis Utama : Purnama Indah Cahyati
NIM / NIP : K6412057
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui alat evaluasi Lembar Kerja Siswa (LKS) yang  digunakan guru di SMA Negeri 1 Boyolali dapat mengukur ketercapaian kompetensi dasar; (2) Untuk mengetahui efektifitas LKS yang digunakan dalam kegiatan Pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Boyolali.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari informan, tempat dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian adalah dengan analisis dokumen dan wawancara. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) Alat evaluasi Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran PPKn Kurikulum 2013 Kelas X Semester Genap belum sepenuhnya dapat mengukur ketercapaian Kompetensi Dasar 3.5. Ketercapaian alat evaluasi LKS terhadap kompetensi dasar dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari Kata Kerja Operasional (KKO) Taksonomi Bloom, dan dari substansi atau materi. Alat evaluasi LKS ditinjau dari kata kerja operasional (KKO) belum dapat mencapai tingkat C2, dan hanya mencapai tingkat C1 baik pada bentuk soal pilihan ganda maupun bentuk soal uraian. Sedangkan jika ditinjau dari materi,  belum sepenuhnya mencapai materi pada indikator, karena materi yang seharusnya ada tetapi tidak tercantum, dan materi yang seharusnya tidak ada tetapi tercantum, baik pada soal bentuk pilihan ganda maupun soal bentuk uraian. (2) Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam kegiatan pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Boyolali tidak efektif. (a) LKS belum mengukur ketercapaian kompetensi dasar (b) peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Boyolali lebih senang belajar PPKn menggunakan referensi lain dibanding dengan LKS PPKn, (c) peserta didik sering membaca materi maupun mengerjakan soal-soal LKS PPKN, dan (d) guru jarang menggunakan LKS PPKn dalam pembelajaran. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS PPKn kelas X Semester Genap tidak efektif untuk digunakan dalam pembelajaran pada kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Boyolali.

Kata Kunci: Alat Evaluasi, Lembar Kerja Siswa, PPKn

 

×
Penulis Utama : Purnama Indah Cahyati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412057
Tahun : 2016
Judul : Analisis Alat Evaluasi Pada Lembar Kerja Siswa Ppkn Kurikulum 2013 Kelas X Semester Genap Studi di SMA Negeri 1 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412057-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati S.H., M.Hum
2. Drs. Machmud Al Rasyid, S.H., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.