Penulis Utama : Imam Affandi
NIM / NIP : S811108020
×

 

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make a Match terhadap prestasi belajar siswa pada kompetensi sistem komputer pada mata pelajaran sistem komputer materi memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar. (2). Perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan emosional tinggi, sedang atau rendah pada mata pelajaran sistem komputer materi memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar. (3) interaksi pengaruh antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make a Match dengan kecerdasan emosional siswa terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sistem komputer materi memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar.

Metode Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain factorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Juruan TKJ di Sub Rayon 1 Kabupaten Ngawi Propinsi Jawa Timur pada tahun pelajaran 2014/2015. Banyak anggota sampel pada penelitian ini adalah 72 siswa, 36 untuk kelas eksperimen (NHT) dan 36 untuk kelas kontrol (MAM). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa adalah tes pilihan ganda. Uji validitas instrument tes menggunakan r product moment yang menunjukkan bahwa dari 30 item tes 25 item dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrument tes menggunakan KR-20 menyatakan r 11 = 0.8255. Untuk Angket Kecerdasan emosional, menunjukkan semua atau 30 item valid. Sedangkan untuk Reliabilitasnya menggunakan Apha dan di dapatkan r11 = 0.909. Prasyarat analisis menggunakan Kolmogorof Smirnof untuk uji normalitas, uji homogenitas menggunakan Levene. Dengan taraf signifikan ?>5%. Sebelum melakukan penelitian terlebih dahulu dilakukan Uji Pendahuluan yang meliputi uji keseimbangan mengunakan Uji rerata t, Uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji pendahuluan bahwa siswa pada metode pembelajaran kooperatif NHT dan metode MAM adalah seimbang, sampel dari kedua metode pembelajaran adalah normal dan homogen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah variansi dua jalan dengan sel tak sama dan tukey tes dengan software aplikasi SPSS.

Hasil penelitian ini adalah bahwa; (1). Ada perbedaan prestasi antara NHT dan MAM, dengan Fhitung=11,511 >Ftabel=3.986,(2). Ada pengaruh perbedaan prestasi antara siswa yang memiliki Kecerdasan emosi tinggi, sedang dan rendah, dengan Fhitung=61,422 > Ftabel=3,135.(3) Ada interaksi pengaruh antara metode pembelajaran dengan Kecerdasan Emotional siswa, dengan Fhitung=4,101 >Ftabel=3.986.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran NHT lebih efektif dari pada menggunakan MAM secara umum maupun ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional untuk mengajar kompetensi sistem komputer pada materi memahami relasi logik dan fungsi gerbang dasar pada siswa kelas X TKJ tahun pelajaran 2014/2015. Untuk itu direkomendasikan bagi guru-guru produktif TKJ menggunakan NHT untuk mengajar Sistem computer dalam meningkatkan prestasi siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Koopertif, Number Head Togther (NHT), Match a Match (MAM), Prestasi belajar, Kecerdasan emosional.

×
Penulis Utama : Imam Affandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811108020
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dan Make a Match Terhadap Prestasi Belajar Sistem Komputer Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMK Jurusan TKJ Sub Rayon 01 Ngawi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan-S.351408013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.