Penulis Utama : Januar Abdilah Santoso
NIM / NIP : A121308064
×

Pembinaan prestasi olahraga panahan National Paralympic Comitte (NPC) Sragen merupakan pemusatan pembinaan prestasi olahraga panahan dilingkungan pemerintahan kabupaten Sragen. Adanya naik turun prestasi tak lepas dari beberapa faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil prestasi olahraga Panahan NPC Sragen. Guna memperbaiki prestasi, perlu tindakan evaluasi. Evaluasi dengan tujuan: (1) Mendeskripsikan tingkat kebutuhan masyarakat terhadap pembinaan prestasi. (2) Mendeskripsikan dukungan lingkungan. (3) Mendeskripsikan karakteristik atlet. (4) Mendeskripsikan karakteristik pelatih. (5) Mendeskripsikan karakteristik organisasi penyelenggara. (6) Mendeskripsikan karakteristik program dan strategi dasar pembinaan prestasi olahraga panahan NPC. (7) Mendeskripsikan karakteristik program latihan. (8) Mendeskripsikan karakteristik sarana dan prasarana. (9) Mendeskripsikan karakteristik pendanaan. (10) Mendeskripsikan penseleksian atlet dan pelatih. (11) Mendeskripsikan pelaksanaan latihan. (12) Mendeskripsikan evaluasi latihan. (13) Mendeskripsikan pengorganisasian pembinaan. (14) Mendeskripsikan prestasi atlet..

Penelitian ini menggunakan dua pendekatan yakni pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Observasi, analisis dokumen dan wawancara adalah cara yang digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, sedangkan untuk memperoleh data kuantitatif menggunakan metode CIPP.

Kebutuhan masyarakat difabel sangat tinggi untuk meningkatkan gengsi dan taraf hidup mereka namun tingkat partisipasi masih rendah. Dukungan dari PEMDA kepada NPC Sragen cukup tinggi dengan memberikan hibah tanah dan bangunan untuk kantor sekretariatan dan memberikan bonus yang sama dengan atlet normal. Atlet panahan NPC dalam kondisi yang baik dilihat dari segi fisik, mental dan memiliki motivasi yang tinggi. Pelatih sudah memenuhi kualifikasi yang ditentukan dan memiliki pengalaman yang mumpuni, hanya saja tidak bisa fokus untuk melatih karna statusnya merangkap pelatih dan atlet. Untuk struktur organisasi NPC Sragen sudah terstruktur dengan baik. Organisasi memiliki program dan strategi untuk mencapai tujuan yang ada dengan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mendapatkan dukungan SDM baik atlet dan pelatih, pendanaan, sarpras, dan memprioritaskan atlet yang berpotensi pada nomor – nomor tertentu. Program latihan telah diterapkan oleh pelatih untuk atletnya, sayangnya tidak ada dokumen tertulis. Prasarana latihan berada di Gor Diponegoro dan sarana latihan seperti busur dan anak panah merupakan milik pribadi. Pendanaan NPC didapat dari KONI yang berasal dari APBD kabupaten Sragen. Rekrutmen sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pusat, karena adanya seleksi dalam perekrutan atlet maupun pelatih. Pelaksanaan latihan pelatih 

memberikan pogam latihan yang menekankan skill setiap atlet, serta memperhatikan perkembangan fisik, teknik dan mental atlet akan tetapi pelatih membuat program latihan menyesuaikan keadaan dan belum di bukukannya program latihan. Evaluasi dilakukan setiap latihan oleh pelatih dan teman sejawat secara lisan dan belum tercatat. Keadaan Organisasi NPC Sragen berjalan baik dan Setiap SDM pada Struktur organisasi menjalankan tugasnya sesuai dengan job deskripsinya masing – masing.

Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa pembinaan prestasi panahan NPC Sragen sebagai sentra olahraga panahan bagi atlet difabel di Sragen ini belum berjalan sesuai dengan prosedur petunjuk pelaksanaan NPC of Indonesia. Masih ada beberapa indikator yang belum dapat berjalan dan dimaksimalkan dengan baik, sehingga menghambat prestasi puncak para atlet. Tingkat rutinitas atlet latihan yang masih rendah, tidak adanya pelatih yang khusus datang hanya untuk melatih, sarana umum bagi atlet sudah ada hanya terkendala alat pribadi karna harganya yang mahal. Kemudian dari segi pengadministrasian dan arsip dalam organisasi belum tertata dengan baik. Untuk itu perlu diadakan perbaikan agar proses pembinaan prestasi dapat berjalan dengan baik sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci: Studi Evaluatif, Pembinaan Prestasi, Olahraga Panahan, National Paralympic Comitte Sragen, Pembinaan Prestasi Panahan NPC Sragen

×
Penulis Utama : Januar Abdilah Santoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308064
Tahun : 2016
Judul : Studi Evaluatif Pembinaan Prestasi Olahraga Panahan pada National Paralympic Comitte (NPC) Sragen dari Tahun 2011 - 2015.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Keolahragaan-A.121308064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
2. Dr. Sapta Kunta Purnama., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.