Penulis Utama : Mastini
NIM / NIP : S841502009
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

Keterampilan menulis cerita pendek merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa kelas VII semester genap. Pada kenyataannya keterampilan menulis cerita pendek di SMP Negeri 1 Juwana masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dan (2) meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman dan media audiovisual pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Juwana.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D dan guru bahasa Indonesia. Sumber data penelitian ini adalah peristiwa proses pembelajaran, informan, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, pemberian tugas, wawancara, dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan triangulasi dan review informan. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Pelaksanaan penelitian dimulai dari survei awal, siklus I sampai siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yakni: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) analisis dan refleksi.

Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran berbasis pengalaman dan media audiovisual dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen dan meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Juwana tahun ajaran 2015/2016. Peningkatan kualitas proses pembelajaran menulis cerpen ditandai dengan peningkatan kinerja guru dan kinerja siswa. Nilai rata-rata kinerja siswa pada kondisi awal sebesar 60,62, siklus I sebesar 76,56, dan siklus II sebesar 85,78. Nilai rata-rata kinerja guru pada kondisi awal sebesar 73 dengan kriteria cukup, siklus I mendapatkan 77 dengan kriteria cukup, dan siklus II mencapai 84 dengan kriteria baik. Peningkatan kerterampilan menulis cerpen ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai KKM. Pada kondisi awal nilai rata-rata keterampilan menulis cerpen sebesar 69,84 dengan persentase 25%. Siklus I nilai rata-rata mencapai 78,12 dengan persentase 65,62%, dan siklus II nilai rata-rata mencapai 81,56 dengan persentase 84,38%.

Kata kunci: Keterampilan menulis cerita pendek, metode pembelajaran berbasis pengalaman, media audiovisual<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

×
Penulis Utama : Mastini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841502009
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 1 Juwana
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia-S.841502009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd.
2. Dr. Sumarwati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.