Penulis Utama : Rizky Abdullah
NIM / NIP : K4611097
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya Crawl menggunakan media audio visual pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 3 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 3 Surakarta yang berjumlah 33 siswa terdiri dari 3 siswa putra dan 30 siswa putri, Sumber data dalam Penelitian ini berasal dari siswa peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya Crawl. Sesuai dengan silabus pembelajaran untuk SMK, materi renang sudah pernah diajarkan di kelas tersebut namun masih terdapat kendala yang dihadapi oleh siswa dalam proses pembelajaran renang gaya Crawl. Hal ini mengakibatkan hasil belajar renang gaya Crawl selama pembelajaran berlangsung masih menunjukan hasil yang kurang maksimal. Hasil analisis menunjukan bahwa menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya Crawl dari pra siklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar renang gaya Crawl pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas mencapai 60,61% atau sebanya 20 siswa dari total 33 siswa. Peningkatan hasil belajar renang gaya Crawl juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 81,82% atau sebanyak 27 siswa yang tergolong kriteria Tuntas hasil belajar, yang tuntas di KI1, KI2, KI3 dan KI4.Adapun 6 siswa lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa : penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar renang gaya Crawl pada siswa kelas XI AK 1 SMK Negeri 3 Surakarta tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci:Hasil Belajar, Renang gaya Crawl, menggunakan Media Audio Visual

×
Penulis Utama : Rizky Abdullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611097
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Renang Gaya Crawl Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas XI AK 1 SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4611097-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rony Syaifullah, S.Pd, M.Pd.
2. Deddy Whinata K S.Or , M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.