Penulis Utama : Gitang Agung Wahyudi
NIM / NIP : D0309027
×

Dalam penelitian ini, penulis hendak mendiskripsikan bagaimanakah proses kegiatan social bersilaturahmi berlangsung di Wedangan. Selain itu juga untuk mengetahui masyarakat dalam memaknai wedangan sebagai symbol budaya jawa terkhusus di Kota Surakarta.
Lokasi penelitian ini di kota Surakarta yang difokuskan di 3 wedangan dengan konsep budaya jawa yaitu Wedangan Rumah Nenek, Wedangan Kebon Koelon, dan Wedangan Cangkir Blirik. Penelitian ini menggunakan pendekatan Studi Kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah interaksionisme simbolik milik George Herbert Mead, dimana terdapat perbedaan symbol-simbol signifikan di dalam masyarakat. Symbol-simbol tersebut berupa fisik dan nonfisik. Gesture dan vocal merupakan bentuk symbol non fisik dan benda-benda merupakan symbol dalam bentuk fisik. Data primer bersumber dari observasi langsung ke lokasi penelitian tentang topik yang sedang diteliti. Selain observasi langsung, data primer juga diperoleh dari wawancara langsung dengan 6 orang informan yang mewakili diantaranya Pemilik Wedangan dan Pengunjung Wedangan dengan berbagai kalangan. Profil informan diambil berdasar jenis informan berupa komunitas, individu dan keluarga serta pengetahuan mereka tentang pemanfaatan wedangan untuk kegiatan social danpemaknaan wedangan sebagai simbol budaya jawa. Informasi diperoleh dari para informan, kepustakaan, dan data audio/visual. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah dengan Purposive sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian atau temuan dilapangan menunjukkan bahwa masyarakat memanfaatkan wedangan sebagai media untuk melakukan kegiatan- kegiatan sosial seperti reuni teman, ketemu bisnis dan kumpul keluarga. Selain itu pemilik wedangan berusaha menyampaikan adanya symbol budaya jawa yang coba dihidupkan kembali dalam wedangan. Dengan demikian masyarakat diharapkan bisa memaknai budaya jawa yang telah pudar. Melalui prespektif interaksionalisme Mead, dalam melihat fenomena tersebut adalah penggunaan symbol-simbol budaya seperti bahasa, bangunan fisik serta gestur oleh wedangan yang dapat dimaknai sebagai kehadiran kebudayaan jawa oleh pengunjung.
Kata Kunci: Wedangan, Media Sosial, Budaya Jawa

×
Penulis Utama : Gitang Agung Wahyudi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0309027
Tahun : 2016
Judul : Wedangan Sebagai Media Sosial dalam Kegiatan Bersilaturahmi (Studi Kasus di Wedangan Rumah Nenek, Wedangan Kebon Koelon dan Wedangan Cangkir Blirik)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Sosiologi-D.0309027-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Santosa, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.