Penulis Utama : Tiyan Anggraini
NIM / NIP : S021408067
×

Latar belakang: Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan penyebab kematian yang paling banyak terjadi pada balita baik di negara maju maupun di negara berkembang. Banyak faktor yang menyebabkan tingginya kejadian penyakit ini diantaranya sosial ekonomi, lingkungan perumahan dan perilaku sehat orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara faktor sosial ekonomi dan rumah sehat dengan perilaku sehat orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).
Subjek dan Metode: Desain penelitian ini adalah case control. Subjek penelitian terdiri dari 20 balita dan orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan 80 balita dan orang tua balita bukan penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kabupaten Kediri. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi logistik ganda.
Hasil:Pendidikan, pendapatan, komponen rumah, sarana sanitasi dan perilaku penghuni berhubungan secara signifikan dengan perilaku sehat orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dengan hasil analisis pendidikan (OR=9,1; 95% CI=0,8-98,4; p=0,000), pendapatan (OR=1,3; 95% CI= 0,1-14,2; p=0,000), komponen rumah (OR=4,0; 95% CI=0,5-27,7; p=0,005), sarana sanitasi (OR=6,9; 95% CI=1,1-41,9; p=0,000), perilaku penghuni (OR=8,9; 95% CI=1,6-48,7; p=0,003)
Kesimpulan:Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pendidikan, pendapatan, komponen rumah, sarana sanitasi dan perilaku penghuni memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku sehat orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diperoleh satu variabel yang memiliki hubungan paling signifikan terhadap perilaku sehat orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), yaitu variabel pendidikan.
.
Kata Kunci:Pendidikan, pendapatan, komponen rumah, sarana sanitasi,perilaku penghuni, perilaku sehat orang tua balita penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

×
Penulis Utama : Tiyan Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408067
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Antara Faktor Sosial Ekonomi dan Rumah Sehat Dengan Perilaku Sehat Orang Tua Balita Penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kabupaten Kediri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021408067-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ambar Mudigdo dr. Sp.PA (K)
2. Prof. Dr. RB Soemanto, MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.