Penulis Utama : Muhammad Fahni
NIM / NIP : K2209064
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengidentifikasi penggunaan PPP Approach apakah bisa meningkatkan penguasaan kosa kata siswa atau tidak; (2) mendeskripsikan situasi kelas ketika PPP Approach di implementasikan dalam pembelajaran kosa kata untuk siswa kelas lima di Sekolah Dasar.

Penelitian dilaksanakan pada Juli hingga Agustus di kelas lima SDN Kratonan no.3 Surakarta dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan berbagai jenis teknik dalam metode kualitatif didapat dari kuesioner, interview, obsevasi kelas, catatan lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif didapat dari test kosakata yang terdiri dari pre-test dan post-test. Kemudian dalam menganalisis data kualitatif, peneliti menggunakan metode Taylor dan Bodgan, Glaser dan Strauss analyzing action research data, sedangkan data kuantitatif dianalisis menggunakan descrptive statistic method.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan dari PPP Approach meningkatkan penguasaan kosa kata siswa dalam empat aspek dan situasi dalam kelas. Peningkatan kemampuan siswa dalam penguasaan kosa kata meliputi: (1) siswa dapat melafalkan kata dengan benar; (2) siswa dapat mengeja kata dengan benar; (3) siswa dapat memahami arti kata; (4) siswa dapat membuat kalimat sederhana dengan benar. Sehubungan dalam peningkatan situasi kelas, hasil temuan penelitian menunjukkan: (1) siswa lebih antusias dan tertarik dalam kegiatan belajar mengajar; (2) ini (PPP approach) memberi siswa dengan atmosfir baru dalam kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan fakta diatas, PPP Approach dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Oleh karena , disarankan bahwa (1) Peneliti menyarankan guru Bahasa Inggris untuk menggunakan PPP Approach dalam mengajar kosa kata dan memperkaya dirinya dengan berbagai media dan teknik dalam pembelajaran untuk memberikan kegiatan belajar dan mengajar yang menarik; (2) Sekolah mengatur ulang alokasi waktu pelajaran Bahasa Inggris dan meningkatkan fasilitas dan media untuk mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Kata Kunci:classroom action research, PPP Approach, vocabulary mastery

×
Penulis Utama : Muhammad Fahni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2209064
Tahun : 2016
Judul : Enhancing Students’ Vocabulary Mastery by Using PPP Approach (Presentation, Practice, Production) (A Classroom Action Research at Fifth Grade of SD Negeri Kratonan no.3 Surakarta in the Year of 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Inggris-K.2209064-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Dahlan Rais, M.Hum
2. Drs. Abdul Asib, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.