Penulis Utama : Anita Silvia Damayanti
NIM / NIP : K5412010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran Card Sort dan Learning Start With a Question terhadap hasil belajar pesera didik, (2) Pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar peserta didik (3) Apakah ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran ditinjau dari kemamuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar peserta didik
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experimental research) desain “Posttest-Only Control Group Design”. Populasi penelitian adalah semua kelas X SMA 1 Bae Kudus tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian diambil dengan teknik Cluster Random Sampling dan diperoleh kelas X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan X IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data hasil belajar ranah kognitif peserta didik menggunakan teknik tes dalam bentuk tes obyektif pilihan ganda dan angket untuk kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varian Dua Jalur (Two-way anava) dan dilanjutkan pasca anava (metode Scheffe’) dengan taraf signifikasi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Card Sort dan Learning Start With a Question terhadap hasil belajar peserta didik ranah kognitif. (2) Terdapat pengaruh kemampuan berpikir kreatif peserta didik terhadap hasil belajar pada ranah kognitif dan (3) Tidak terdapat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif peserta didik terhadap kemampuan kognitif peserta didik.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran Card Sort lebih efektif digunakan pada materi perairan laut dan potensinya serta kemampuan berpikir kreatif peserta didik berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Kata kunci : Card Sort, Learning Start With a Question, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif

×
Penulis Utama : Anita Silvia Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412010
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Card Sort dan Learning Start With a Question Terhadap Hasil Belajar Materi Perairan Laut Dan Potensinya Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA 1 Bae Kudus Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5412010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
2. Drs. Wakino, MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.