Penulis Utama : Rizqi Nur Cahyaningsih
NIM / NIP : K7412154
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) persepsi guru pamong terhadap keterampilan mengajar mahasiswa PPL Pendidikan Akuntansi 2015/2016; (2) kendala-kendala yang dihadapi guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPL Pendidikan Akuntansi tahun 2015/2016; (3) solusi untuk mengatasi kendala-kendala guru pamong dalam membimbing mahasiswa PPL Pendidikan Akuntansi tahun 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK se-Surakarta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling bertujuan (purposive sampling). Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Analisis data dilakukan secara interaktif (interactive model) dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Persepsi guru pamong tentang keterampilan mengajar mahasiswa terbagi menjadi sembilan yaitu: a. Keterampilan membuat skenario pembelajaran mahasiswa PPL dalam hal menyusun skenario pembelajaran baik tetapi dalam hal efisiensi alokasi waktu pembelajaran masih kurang baik, b. Keterampilan bertanya baik c. Keterampilan memberi penguatan kurang baik dalah hal merespon positif partisipasi peserta didik tetapi dalam hal menumbuhkan keceriaan dan antusiasime peserta didik sudah baik, d. Keterampilan mengadakan variasi sangat baik, e. Keterampilan menjelaskan cukup baik untuk implementasi kegiatan belajar dengan urutan yang logis tetapi kurang baik dalam penguasaan bahan ajar, f. Keterampilan membuka pelajaran baik, g. Keterampilan menutup pelajaran cukup baik dalam hal melaksakan penilaian, membuat rangkuman dan memberikan tindak lanjut, h. Keterampilan membimbing diskusi menujukkan kriteria baik , i. Keterampilan mengelola kelas kurang baik karena belum mampu memelihara ketertiban siswa dalam pembelajaran, (2) Kendala yang dihadapi guru pamong, yaitu pengalaman mengajar masih kurang, mahasiswa kurang proaktif, kurang disiplin, , pengusaan materi kurang dan jadwal kuliah terbentur jadwal mengajar, dan, (3) Solusi untuk mengatasi kendala yaitu guru menambah jam mengajar, menjalin komunikasi aktif, guru pamong menegur mahasiswa, mempelajari kembali materi pelajaran serta menambah referensi, dan melakukan koordinasi jadwal mengajar dengan pamong.
Kata kunci: persepsi guru pamong, keterampilan mengajar, mahasiswa PPL

×
Penulis Utama : Rizqi Nur Cahyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412154
Tahun : 2016
Judul : Persepsi Guru Pamong Terhadap Keterampilan Mengajar Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Tahun Pelajaran 2015 / 2016 (Studi Kasus di SMK Program Keahlian Akuntansi Se-Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur.Pendidikan Akuntansi-K.7412154-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M.Pd,
2. Sri Sumaryati S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.