Penulis Utama : Dina Misbahul ’arifah
NIM / NIP : S4308007
×

Penelitian ini telah diselenggarakan untuk menyelidiki ketidakpatuhan wajib pajak pribadi, khususnya karyawan perusahaan swasta di Surakarta, Jawa Tengah. Desain penelitian ini adalah penelitian survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Responden pada penelitian ini adalah karyawan perusahaan swasta yang mempunyai masa kerja sedikitnya 2 tahun dan mempunyai penghasilan minimal Rp 1.320.000,-. Banyaknya responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah 150 responden. Data telah dianalisis menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan Amos versi 5.

Penemuan penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) sikap ketidakpatuhan pajak berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk berperilaku tidak patuh; (2) norma subjektif tidak berpengaruh terhadap niat untuk berperilaku tidak patuh; (3) kewajiban moral berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk berperilaku tidak patuh; (4) kontrol perilaku yang dipersepsikan berpengaruh secara signifikan terhadap niat untuk berperilaku tidak patuh; (5) kontrol perilaku yang dipersepsikan tidak berpengaruh terhadap ketidakpatuhan wajib pajak; (6) niat untuk berperilaku tidak patuh berpengaruh secara signifikan terhadap ketidakpatuhan wajib pajak; (7) kondisi keuangan wajib pajak berpengaruh secara signifikan terhadap ketidakpatuhan wajib pajak; (8) fasilitas tidak berpengaruh terhadap ketidakpatuhan wajib pajak; dan (9) iklim organisasi tidak berpengaruh terhadap ketidakpatuhan wajib pajak.

Kata kunci: sikap ketidakpatuhan pajak, norma subjektif, kewajiban moral, kontrol perilaku yang dipersepsikan, kondisi keuangan wajib pajak, fasilitas, iklim organisasi, niat untuk berperilaku tidak patuh, dan ketidakpatuhan wajib pajak.

 

×
Penulis Utama : Dina Misbahul ’arifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4308007
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Persepsi Wajib Pajak Orang Pribadi Terhadap Niat Untuk Berperilaku Tidak Patuh dan Ketidakpatuhan Wajib Pajak (Studi Survei pada Karyawan Perusahaan Swasta di Surakarta Tahun 2010)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Akuntansi-S.4308007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bambang Sutopo, M.Com., Ak
2. Drs. Eko Arief Sudaryono, M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.