Penulis Utama : Dini Kusumaningtyas
NIM / NIP : C0910019
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah pengembangan pewarnaan alami kulit buah kakao yang dikaji oleh Indah Permata dengan sistem tumpangan, yaitu satu kain difiksator dengan tiga fiksasi (tawas, kapur, dan tunjung).

Tujuan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah mengembangkan desain motif dengan pengolahan visual tanaman buah kakao yang menggunakan teknik batik tulis dengan zat pewarna alami berasal dari kulit buah kakao. Diharapkan hasil dari perancangan ini menjadi salah satu upaya pengembangan motif batik berkarakter kedaerahan di kabupaten Karanganyar.

Metode yang dipakai dalam proyek Tugas Akhir perancangan ini yaitu metode desain. Metode ini melewati 3 tahap yakni metode perancangan, konsep perancangan dan visualisasi. Untuk metode perancangan melewati tahap Analisis permasalahan, Strategi pemecahan masalah, Pengumpulan data, Uji coba, dan menentukan Gagasan awal perancangan. Konsep perancangan meliputi landasan pemikiran untuk perancangan desain tugas akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana perancangan yang sudah ditulis dalam proses perancangan.

Hasil perancangan tugas akhir ini menghasilkan delapan desain yang semuanya merupakan desain batik yang bertemakan tanaman buah kakao. keseluruhan desain mengolah bentuk-bentuk dari tanaman buah kakao yang meliputi bagian batang, daun, bunga, dan buah, dimana yang lebih ditonjolkan pada buah kakaonya dengan penggambaran dekoratif. Teknik yang digunakan dalam perancangan ini adalah teknik batik tulis. Teknik pewarnaan dengan cara tutup celup menggunakan zat pewarna alami yang berasal dari kulit buah kakao. Bahan menggunakan kain sutera, karena kain sutra memiliki sifat mudah menyerap sehingga cocok digunakan untuk pewarnaan alami.

Kata Kunci : Batik Tulis, Pewarnaan Alami, Tanaman Buah Kakao

×
Penulis Utama : Dini Kusumaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0910019
Tahun : 2016
Judul : Perancangan Batik Tulis Dengan Pewarnaan Alami Kulit Buah Kakao
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa dan Desain - 2016
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Seni Rupa dan Desain Jur. Kriya Tekstil-C.0910019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn
2. Drs. Felix Ari Dartono, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.