Penulis Utama : Bekti Handayani
NIM / NIP : M3513013
×

Diare akut merupakan salah satu penyebab utama kematian anak di negara berkembang. Penyebab diare terbesar karena infeksi, untuk itu diperlukan antibiotik dalam proses penyembuhannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengevaluasi penggunaan antibiotik pada diare akut pediatri di Instalasi Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta berdasarkan tepat obat dan tepat dosis dengan dibandingkan Pediatric Medication Handbook dan Acute Diarrhea in Adult and Children (WGO, 2012).

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan studi retrospektif data yang diambil berupa catatan rekam medik pasien pediatri diare akut yang menggunakan terapi antibiotik. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah teknik purposive sampling (non probabilty sampling) yang di dapat dari hasil rekam medik selama 1 Januari 2015 – 30 Juni 2015, dengan jumlah sempel sebanyak 29 pasien yang telah memenuhi kriteria inklusi. Data diolah dengan analisa deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi penggunaan obat antibiotik seperti: ampisilin, amoksisilin, sefotaksim, seftriakson, metronidazol, kotrimoksazol, ampisilin-gentamisin, sefotaksim-gentamisin dan metronidazol-kotrimoksazol dibandingkan dengan Pediatric Medication Handbook dan Acute Diarrhea in Adult and Children (WGO, 2012). Evaluasi ketepatan  penggunaan  antibiotik  didapatkan tepat obat  sebanyak 34,4%,  dan  tepat  dosis  sebanyak 68,9%.

×
Penulis Utama : Bekti Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3513013
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Penggunaan Antibiotik Pada Diare Akut Pediatri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2016
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : Diare akut
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Vinci Mizranita, S.Farm., M.Pharm., Apt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.