Penulis Utama : Farihatul Faizah Laela
NIM / NIP : S831008020
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbedaan Concept Attainment Model dengan media riil dan media gambar, kemampuan berpikir kognitif, persepsi kreativitas siswa, dan interaksinya terhadap hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas VIIB sebagai kelas eksperimen menggunakan Concept Attainment Model dengan media riil dan kelas VIID menggunakan Concept Attainment Model dengan media gambar. Pengambilan data kemampuan berpikir kognitif dengan tes, persepsi kreativitas dengan angket, hasil belajar kognitif dikumpulkan dengan menggunakan tes, hasil belajar afektif dan psikomotorik dikumpulkan dengan teknik observasi. Uji normalitas dengan menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Uji homogenitas menggunakan Uji Levene’s. Uji hipotesis menggunakan uji non parametrik yang dilakukan dengan menggunakan Kruskal-Wallis Test dari software SPSS versi 16.

Kesimpulan penelitian ini sebagai berikut: 1) ada pengaruh media terhadap hasil belajar kognitif, media riil memiliki hasil belajar lebih baik daripada media gambar; 2)  ada pengaruh kemampuan berpikir kognitif terhadap hasil belajar psikomotorik, kemampuan berpikir konkret memiliki hasil belajar lebih baik daripada kemampuan berpikir abstrak; 3) siswa yang mempunyai persepsi kreativitas tinggi memiliki hasil belajar psikomotorik lebih baik daripada siswa dengan persepsi kreativitas lebih rendah; 4) ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir kognitif terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik; 5) ada interaksi antara media pembelajaran dengan persepsi kreativitas terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik; 6) ada interaksi antara kemampuan berpikir kognitif dan persepsi kreativitas terhadap hasil belajar psikomotorik, interaksi antara kemampuan berpikir konkret dengan persepsi kreativitas tinggi lebih baik daripada kemampuan berpikir abstrak dengan persepsi kreativitas rendah; 7) ada interaksi antara media pembelajaran, kemampuan berpikir kognitif, dan persepsi kreativitas terhadap hasil belajar kognitif dan psikomotorik.

×
Penulis Utama : Farihatul Faizah Laela
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831008020
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran Ipa Menggunakan Concept Attainment Model Dengan Media Riil Dan Media Gambar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kognitif Dan Persepsi Kreativitas Siswa (Pembelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Siswa Kelas VII SMP Al-Islam 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prog. Pend.Sains - S831008020 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si.
2. Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.