Penulis Utama : B. Daru Sucipto Budi Tri Nugroho
NIM / NIP : X5213233
×

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui latihan pernafasan pada siswa tunarungu kelas Dasar IV semester II di SLB/B Dena Upakara Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015

Pendekatan  penelitian yang  yang digunakan  adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan oleh guru di kelas tempat mengajar dengan penekanan pada penyempurnaan atau peningkatan praktik dan proses dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas IV  semester II  SLB/B Dena Upakara Wonosobo  tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 6 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik  analisis data digunakan analisis deskriptif komparatif, yakni membandingkan kemampuan berbicara antar siklus, yang dianalisis adalah kemampuan berbicara sebelum melalui latihan pernafasan dan kemampuan berbicara setelah melalui latihan pernafasan sebanyak dua siklus.

Hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa kemampuan awal berbicara rata-rata kelas 56,67 ketuntasan klasikal mencapai 16,67%, pada siklus I rata-rata kelas 62,50 ketuntasan klasikal mencapai 50%. Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 68,33 ketuntasan klasikal mencapai 83,33%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa melalui latihan pernafasan dapat meningkatkan kemampuan berbicara bagi siswa tunarungu kelas IV SLB/B Dena Upakara Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015.  

Kata kunci: kemampuan berbicara, latihan pernafasan, siswa tunarungu.

×
Penulis Utama : B. Daru Sucipto Budi Tri Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5213233
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Latihan Pernafasan Siswa Tunarungu Kelas Dasar IV Semester II SLB/B Dena Upakara Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 PPKHB Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-X.5213233-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Maryadi, M.Ag.
2. Erma Kumalasari, S.Psi., M.Psi.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.