Penulis Utama : Ike Ardian Oktafasari
NIM / NIP : D1212041
×

Kasus kekerasan pada anak makin hari makin marak terjadi disekitar kita. Tidak tegasnya sanksi yang diberikan oleh pihak berwajib membuat masyarakat semakin resah. Tingginya angka kekerasan seksual pada anak membuat publik terutama orangtua menjadi was-was dan merasa kurang mendapatkan perlindungan, khususnya pada anak-anak mereka. Saat ini media sosial dianggap sebagai salah satu alat untuk menyuarakan opini serta keadilan bagi sebagian orang dan dianggap mampu melahirkan kekuatan rakyat. Karena setiap user dapat dianggap bebas mengeluarkan pendapat mereka terhadap adanya sebuah kasus yang sedang terjadi.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana opini publik terhadap kekerasan pada anak disampaikan di media sosial Twitter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, untuk memaparkan situasi yang terjadi dilapangan.

Penelitian didasarkan pada teori tiga komponen pembentuk pendapat umum yang disampaikan oleh D.W Rajeki. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purpossive sampling yaitu para pengguna Twitter yang aktif mengakses Twitter. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa hanya ada tiga komponen yaitu Affect, Behaviour dan Cognitif. Affect yaitu yang berkaitan dengan rasa senang, suka, sayang, takut, benci dan lain sebagainya. Merupakan evaluasi berdasarkan perasaan seseorang yang secara emosional untuk menghasilkan penilaian buruk ataupun baik. Behaviour yaitu komponen ini untuk menggerakkan seseorang secara aktif untuk melakukan tindakan atau perilaku atas suatu reaksi yang sedang dialaminya. Sedangkan Cognitif berkaitan dengan penalaran seseorang untuk menilai suatu informasi, pesan, fakta, dan pengertian yang berkaitan dengan pendiriannya. Cognitif menghasilkan penilaian atau pengertian dari seseorang berdasarkan rasio atau kemampuan nalarnya, yang berarti kognitif tersebut merupakan aspek kemampuan intelektualitas seseorang yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Kata kunci : Opini publik, kekerasan pada anak, media baru

×
Penulis Utama : Ike Ardian Oktafasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1212041
Tahun : 2016
Judul : Opini Publik di Media Sosial Twitter (Studi Deskriptif Kualitatif Opini Publik Tentang Kekerasan Pada Anak di Media Sosial Twitter)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1212041-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.