Penulis Utama : Safithri Arfika Sari
NIM / NIP : S891402049
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan persepsi guru dan siswa tentang Dialog Journal (2) mendeskripsikan penerapan Dialog Journal dalam meningkatkan penguasaan cohesive devices siswa (3) mengungkapkan efektivitas Dialog Journal untuk meningkatkan penguasaan cohesive devices siswa dalam menulis teks Analitical.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kawedanan pada bulan Oktober sampai November 2015. Subjek penelitian adalah siswa XI IPA 1 terdiri dari 32 siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data diperoleh dengan menggunakan beberapa teknik termasuk catatan harian, observasi, wawancara, dokumen dan tes. Data kuantitatif dianalisis dengan membandingkan nilai rata-rata pre-test, test 1 dan post test. Data kualitatif dianalisis berdasarkan pengamatan, wawancara, dan didukung dengan catatan harian penulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru dan siswa memiliki persepsi positif tentang Journal Dialog diidentifikasi dari wawancara sebelum dan setelah penelitian (2) penerapan Dialog Journal dapat meningkatkan penguasaan cohesive devices siswa dalam menulis teks Analytical termasuk (a) siswa dapat menggunakan berbagai penghubung waktu; (B) siswa dapat menerapkan article dengan benar; (C) siswa dapat menggunakan personal dan demonstrative references dengan tepat (3) Dialog Journal dapat mengubah suasana kelas karena siswa lebih aktif dan termotivasi dalam menulis. Nilai rata-rata siswa dalam penguasaan cohesive devices meningkat dari 4,83 menjadi 6,54 dan nilai rata-rata kemampuan menulis meningkat dari 11,90 menjadi 15,36.
Hasil penelitian mengimplikasikan bahwa pengajaran menulis menggunakan Dialog Journal meningkatkan penguasaan cohesive devices siswa. Jadi, siswa dapat menulis dengan kohesif dan koheren. Selain itu, suasana di kelas lebih menarik sehingga siswa aktif dalam kelas menulis. Jadi, Dialog Journal adalah strategi mengajar yang baik untuk meningkatkan penguasaan cohesive devices dan minat belajar siswa.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, cohesive devices, dialog journal, menulis

×
Penulis Utama : Safithri Arfika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891402049
Tahun : 2016
Judul : Enhancing Students’ Cohesive Devices Mastery in Writing Text Using Dialogue Journal (A Classroom Action Research at the Eleventh Grade of IPA 1 SMAN 1 Kawedanan the Academic Year of 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Pendidikan Bahasa Inggris-S.891402049-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suparno, M.Pd
2. Dr. Nur Arifah Drajati, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.