Penulis Utama : Cahyono Widodo
NIM / NIP : S521402001
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]-->

      Keberhasilan pengelolaan Diabetes Mellitus dapat dicapai melalui kepatuhan penderita DM dalam menjalani terapi baik farmakologi maupun non farmakologi Sutedjo (2010).                      Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan aktifitas fisik, kepatuhan mengkonsumsi anti diabetik oral dengan kadar gula darah pada penderita DM Tipe 2 rawat jalan di Fasyankes Primer Klaten.

Metode : Analitik observasional dengan desain cross sectional. Populasi adalah pasien yang berkunjung di 35 Fasyankes Primer Klaten .Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling pada hasil pengklasteran terhadap populasi atau sebanyak 35 menjadi 28 Fasyankes Primer Klaten. Sampel 86 orang, ditarik berdasarkan rumus Issac dan Michael                    Instrumen yang digunakan untuk mengukur aktivitas fisik adalah IPAQ, sedang kepatuhan mengkonsumsi anti diabetik oral digunakan  MMAS-8 dan Kadar Gula Darah diambil dari hasil rekam medik penderita. Teknik analisa data menggunakan uji Chi Square dan uji regresi logistik ganda.

Hasil  : Aktifitas fisik kategori tinggi berhubungan dengan kadar gula darah (p = 0,021) Sedang aktifitas fisik rendah dan sedang tidak berhubungan dengan kadar gula darah (p=0,061 ).               Kepatuhan mengkonsumsi anti diabetik  oral kategori  tinggi, berhubungan secara signifikan dengan kadar gula darah (p = 0,002 ). Kepatuhan mengkonsumsi anti diabetik oral kategori rendah dan sedang tidak berhubungan dengan kadar gula darah (p= 0,066). Dari analisis secara simultan, aktifitas fisik dan kepatuhan mengkonsumsi obat anti diabetik memiliki hubungan secara signifikan dengan kadar gula darah  (p value 0,001 untuk kepatuhan minum Obat dan p value 0,010 untuk aktivutas fisik).

Kesimpulan  : aktifitas fisik dan kepatuhan mengkonsumsi anti diabetik oral memiliki hubungan secara signifikan dengan penurunan kadar gula darah(p=0.001).

Kata kunci: Aktifitas fisik, Kadar Gula Darah, Kepatuhan

×
Penulis Utama : Cahyono Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S521402001
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Aktifitas Fisik, Kepatuhan Mengkonsumsi Anti Diabetik Oral dengan Kadar Gula Darah Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Fasyankes Primer Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kedokteran Keluarga
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Kedokteran Keluarga-S.521402001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr, MM, M.Kes PAK.
2. Ari Natalia Probandari dr, MPH, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.