Penulis Utama : Nur Wulan Rahmawati
NIM / NIP : K8112052
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru pada anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tindakan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tugas. Teknik validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan pada kegiatan prasiklus, anak yang memenuhi nilai (KKM) ≥ 75 terdapat sebanyak 10 anak atau 43,48% dari 23 anak. Hal ini berarti kemampuan motorik halus anak masih rendah. Penyebabnya adalah cara pembelajaran guru yang sering menggunakan Lembar Kerja Anak (LKA) dan media pembelajaran yang kurang bervariatif. Dari hasil tindakan pada siklus I dapat diketahui bahwa anak yang memenuhi nilai (KKM) ≥ 75 adalah sebanyak 15 anak atau 65,21% dari 23 anak. Pada siklus II anak yang memenuhi nilai (KKM) ≥ 75 terdapat 19 anak atau 82,60% dari 23 anak. Simpulan dari penelitian ini adalah bermain konstruktif menggunakan kertas kokoru dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Kemampuan Motorik Halus, Bermain Konstruktif, Kertas Kokoru

×
Penulis Utama : Nur Wulan Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112052
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Bermain Konstruktif Menggunakan Kertas Kokoru Pada Anak Kelompok A TK Aisyiyah Punggawan Banjarsari Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K.8112052-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Chumdari, M.Pd
2. Dra. Lies Lestari, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.