Penulis Utama : Hendria Yudha Ananta
NIM / NIP : D0112039
×

Program Rumah Susun Sederhana Sewa Begalon II merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah di Kota Surakarta yang pelaksanaannya dilakukan sepenuhnya oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sewa Kota Surakarta. Penelitian ini bermaksud untuk melihat efektivitas pelaksanaan program Rusunawa Begalon II yang dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sewa Kota Surakarta dalam memberikan hunian layak bagi masyarakat berpenghasilan rendah .      

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling, observasi serta studi dokumen. Efektivitas pada penelitian ini dianalisis dengan mengunakan empat indikator yaitu ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, dan pemantauan program yang merupakan model efektivitas dari Budiani.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program Rumah Susun Sederhana Sewa Begalon II belum dapat dilaksanakan secara efektif. Hal ini dikarenakan dari segi ketepatan sasarannya masih banyak ditemukan penghuni yang tidak sesuai dengan syarat yang berlaku. Selain itu, Sosialisasi yang dilakukan juga belum menunjukkan hasil yang optimal dikarenakan masih banyak penghuni yang belum hidup dengan bersih dan sehat dan terkesan masih sama sebelum tinggal di Rusunawa Begalon II. Dari segi tujuan program, ditemukan adanya kepuasan yang ditandai dengan kesesuaian keinginan penghuni sebelum dan sesudah tinggal di Rusunawa Begalon II walaupun Rusunawa Begalon II sebenarnya belum mampu mengatasi kebutuhan akan tempat tinggal di Kota Surakarta karena terbatasnya unit yang disediakan. Dan dari segi pemantauan program, ternyata ditemukan bahwa pengawasan dan monitoring yang dilakukan petugas masih belum berjalan dengan maksimal di Rusunawa Begalon II yang mengakibatkan tidak tertibnya penghuni.

Kata kunci: Efektivitas, Pelaksanaan Program, Perumahan, Rusunawa Begalon II

 

×
Penulis Utama : Hendria Yudha Ananta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112039
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Pelaksanaan Program Rusunawa Begalon II Oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Rumah Sewa Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112039-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sudaryanti, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.