Penulis Utama : Emy Widhiarti
NIM / NIP : D0209030
×

ABSTRAK
Media massa memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyampaikan berita yang benar, sehingga tidak menjerumuskan pemahaman masyarakat. Media massa dalam menjalankan fungsinya harus berdasar pada kode etik jurnalistik. Namun di sisi lain, media sebagai lembaga juga memiliki aturan-aturan editorial tersendiri. Penelitian ini melihat bagaimana perbedaan SOLOPOS dan JOGLOSEMAR, sebagai dua lembaga pers yang berbeda dalam pemberitaan kebijakan kantong plastik berbayar di Kota Surakarta. Media massa SOLOPOS dipilih pada penelitian ini karena kedua media tersebut memiliki pembaca sekitar 64.000 dan JOGLOSEMAR sekitar 15.000 di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan beberapa kategori : kolom, keberimbangan pemberitaan, sumber berita, penempatan halaman berita, dan arah pemberitaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, menggunakan analisis isi Holsti untuk menganalisis data primer isi teks pemberitaan pro-kontra kebijakan kantong plastik berbayar di Surakarta pada Harian SOLOPOS dan Harian JOGLOSEMAR periode 21 Desember 2015 – 21 Maret 2016.
Hasil dari analisis kemudian didistribusikan dalam tabel frekuensi dan tabulasi silang. Perhitungan ini menunjukkan perbedaan dari kelima kategori yang digunakan untuk membandingkan pemberitaan pada SOLOPOS dan JOGLOSEMAR. JOGLOSEMAR lebih banyak memberitakan kebijakan kantong plastik berbayar daripada SOLOPOS. Untuk kaberimbangan pemberitaan, SOLOPOS banyak menyajikan pemberitaan yang tidak jelas, sedangkan JOGLOSEMAR paling banyak tidak berimbang dalam penyajiannya. SOLOPOS dan JOGLOSEMAR sama-sama cenderung memilih pemerintah sebagai sumber pemberitaanya. SOLOPOS dan JOGLOSEMAR juga lebih banyak menempatkan pemberitaan kebijakan kanton plastik berbayar pada halaman dalam. Pada kategori arah pemberitaan, SOLOPOS dan JOGLOSEMAR cenderung menyajikan pemberitaan yang favorable (berisi dukungan).  Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kecenderungan yang berbeda dari penyajian berita kebijakan kantong plastik berbayar di Kota Surakarta pada Harian SOLOPOS dan Harian JOGLOSEMAR periode 21 Desember 2015 – 21 Maret 2016. Perbedaan tersebut terlihat pada kategori keberimbangan berita.

Kata Kunci: Analisis Isi, berita, kebijakan, pro-kontra plastik berbayar, kecenderungan media

 

×
Penulis Utama : Emy Widhiarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0209030
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar di Kota Surakarta Studi Analisis isi Perbandingan Pemberitaan Kebijakan Kantong Plastik Berbayar di Kota Surakarta pada Harian SOLOPOS dan Harian JOGLOSEMAR Periode 21 Desember 2015 - 21 Maret 2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Isip - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Isip Jur.Ilmu Komunikasi-D0209030-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.