Penulis Utama : Ferry Agrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.941502009
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Jaringan Drainase Perkotaan Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) di Kota Sumenep
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Teknik Sipil-S.941502009-2016
Subyek : INDEKS KONDISI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Kota Sumenep sering dilanda bencana banjir khususnya pasca terjadinya hujan. Sistem drainase secara umum dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air (banjir) dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal, jadi sistem drainase adalah rekayasa infrastruktur di suatu kawasan untuk menanggulangi adanya genangan banjir. Kondisi jaringan drainase sangat berpengaruh terhadap kinerja layannya, khususnya aspek-aspek yang mempengaruhi terhadap kapasitas saluran drainase. Aspek yang sangat mempengaruhi kapasitas saluran drainase berupa tingkat sedimentasi dan bangunan pelengkap pada saluran drainase, misalnya keberadaan tali air (street inlet) dan saringan sampah (trash rack).
Metode yang digunakan adalah pendekatan tingkat kapasitas saluran drainase yaitu penilaian tingkat kondisi tiap ruas jaringan drainase dengan menghitung perbandingan luas penampang saluran yang terisi sedimen terhadap luas penampang basah total serta keberadaan bangunan pelengkap. Setelah diperoleh nilai indeks kondisi tiap ruas, maka analisis berikutnya adalah analisis spasial menggunakan aplikasi ArcGIS untuk memperoleh peta informasi jaringan drainase tersebut.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat kondisi jaringan drainase di Kota Sumenep pada Tahun 2016 yaitu dari total 428 ruas jaringan terdapat 43 ruas tergolong ke dalam tingkat kondisi “Baik”, 198 ruas tergolong ke dalam tingkat kondisi “Cukup”, 115 ruas tergolong ke dalam kondisi “Rusak Ringan”, 50 ruas tergolong ke dalam kondisi “Rusak Berat” dan 22 ruas tergolong ke dalam kondisi “Disfungsi”. Selain itu, dari analisis spasial diperoleh peta jaringan drainase Kota Sumenep Tahun 2016, peta jenis bangunan jaringan drainase Kota Sumenep Tahun 2016, peta tingkat kondisi jaringan drainase Kota Sumenep Tahun 2016 dan peta rekomendasi tindakan pemeliharaan jaringan drainase Kota Sumenep Tahun 2016.
Kata kunci: Jaringan Drainase, Indeks Kondisi, Sistem Informasi Geografis.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
JURNAL.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG20161215214757.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Rr. Rintis Hadiani, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana