Penulis Utama : Shodiq Purnomo
NIM / NIP : S411208036
×

Investor yang akan membeli efek syariah membutuhkan informasi tentang Nilai perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index. Harga  saham  yang  tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi, dalam penelitian ini nilai perusahaan diukur berdasarkan price book value (PBV). Nilai perusahaan yang tinggi membuat pasar percaya  terhadap prospek perusahaan di masa mendatang.

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh struktur modal dan pertumbuhan  perusahaan  terhadap  profitabilitas  dan nilai perusahaan. Disamping itu peneliti ingin mengetahui apakah profitabilitas dapat memediasi hubungan antara struktur modal dan pertumbuhan perusahaan.

Populasi diambil dari 55 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode  2009-2010 sampai dengan 2013-2014. Penentuan sampel menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria yang telah ditentukan diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Penelitian menggunakan data sekunder dari ringkasan kinerja perusahaan-perusahaan yang terdaftar dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2011-2014.  Pengujian  hipotesis menggunakan alat bantu aplikasi SPSS release 17.0.

Hasil penelitian menunjukkan: 1. struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas, 2. pertumbuhan   perusahaan  berpengaruh  signifikan terhadap profitabilitas. 3. struktur modal dan pertumbuhan   perusahaan berpengaruh secara  signifikan terhadap nilai perusahaan. 4. profitabilitas  berpengaruh  signifikan  terhadap  nilai perusahaan.  5. profitabilitas tidak dapat memediasi hubungan antara struktur modal dengan nilai perusahaan.  6.  profitabilitas dapat memediasi hubungan antara pertumbuhan perusahaaan dengan nilai perusahaan.

Disarankan   kepada   peneliti   selanjutnya   untuk   mengambil sampel perusahaan yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah secara lebih luas dan membandingkan Nilai perusahaan berdasarkan  bidang usahanya.

Kata Kunci : Debt to Equity Ratio, Pertumbuhan Assets, Return on Equity, Return On Assets, Net Profit Margin, dan Price to Book Value, Jakarta Islamic Index

×
Penulis Utama : Shodiq Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411208036
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Struktur Modal dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimediasi Oleh Profitabilitas (Studi Kasus Perusahaan yang Termasuk dalam Daftar Efek Syariah yang Terdaftar dalam Jakarta Islamic Index periode tahun 2011 - 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Manajemen-S.411208036-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Salamah Wahyuni, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.