Penulis Utama : Asep Nurhidayat
NIM / NIP : K2511008
×

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) membantu siswa SMK Murni 1 Surakarta dalam memahami materi mata pelajaran mesin bubut melalui pengembangan buku saku; (2) membantu mengurangi beban Guru SMK Murni 1 Surakarta dalam menyampaikan materi pelajaran mesin bubut; dan (3) menelaah respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan berupa buku saku teknik pemesinan bubut.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode riset dan pengembangan (Research and Development).  Penelitian ini dilaksanakan di prodi Teknik Pemesinan SMK Murni 1 Surakarta. Perencanaan dilaksanakan dengan melalui koordinasi dengan guru pengampu dan dosen ahli. kemudian merencanakan pembuatan buku saku dengan melakukan serangkaian prosedur penelitian dan pengembangan yaitu; pengumpulan materi buku saku, evaluasi, validasi, revisi dan pengujian respon siswa. Kriteria keberhasilan perancangan produk diperoleh dari tercapainya penggunaan media yang mencangkup: (1) kesesuaian aspek dari para ahli, disini guru ahli dan dosen ahli melalui proses validasi. (2) diterima baik oleh siswa sebagai media pembelajaran dilihat dari hasil pengujian respon siswa. (3) menjadi media pembelajaran yang mendukung kegiatan belajar-mengajar.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa produk media pembelajaran berupa buku saku yang digunakan dalam penelitian dapat diterima dan memenuhi syarat sebagai media pembelajaran tambahan teknik pemesinan bubut dalam kategori Baik (81,94 %). Dan hasil respon siswa adalah 91,06 % (sangat Baik).

Kata Kunci: buku saku, media pembelajaran, penelitian dan pengembangan, teknik pemesinan bubut.

×
Penulis Utama : Asep Nurhidayat
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2511008
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Bahan Ajar Berupa Buku Saku Sebagai Suplemen Pembelajaran Mata Pelajaran Teknik Pemesinan Bubut di SMK Murni 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2511008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T.
2. Budi Harjanto, S.T., M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.