Penulis Utama : Rina Candra Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115078
Tahun : 2016
Judul : Hubungan Tingkat Pengetahuan Metode Relaksasi dengan Sikap dan Perilaku Mengatasi Nyeri Haid pada Mahasiswi D III Kebidanan FK UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran Prog.DIV Bidan Pedidik-R1115078-2016
Subyek : HAID
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Latar Belakang: Mahasiswi merasakan nyeri pada saat haid. mahasiswi tidak menguasai metode relaksasi. Nyeri haid sangat mengganggu aktivitas belajar bahkan bisa berdampak pada prestasi belajarnya. Studi pendahuluan dari 10 mahasiswi hanya satu yang menerapkan metode relaksasi dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi nyeri yang dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan metode relaksasi dengan sikap dan perilaku mengatasi nyeri haid pada mahasiswi D III Kebidanan FK UNS.
Metode: Penelitian menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan total sampling. Besar sampel 54 mahasiswa. Variabel independennya tingkat pengetahuan metode relaksasi dan variabel dependennya adalah sikap dan perilaku mengatasi nyeri haid yang diukur menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rank..
Hasil Penelitian: Sebagian mahasiswi memiliki pengetahuan metode relaksasi yang baik (64,8%), sikap yang mendukung (88,9%), dan perilaku mengatasi nyeri haid yang baik (85,2%). Hasil uji statistik Spearman Rank didapatkan hasil variabel pengetahuan dengan sikap p= 0,000 (p<0,05) dan r= 0,589 dan variabel pengetahuan dengan perilaku p= 0,001 dan r= 0,446. Dengan demikian semakin baik pengetahuan maka sikap dan perilaku mengatasi nyeri haid juga semakin baik.
Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan metode relaksasi dengan sikap dan perilaku mengatasi nyeri haid pada mahasiswi D III

 

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HAL DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB II Kerangka Konsep.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
201612182341541002.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Ratna Kusumawati, M.Biomed
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran