Penulis Utama : Heldi Apriandi
NIM / NIP : K1512028
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) situasi saat ini bangunan hijau dari segi bisnis di masing-masing developer. (2) pentingnya kemampuan green home yang dimiliki developer. (3) pengetahuan, pengalaman, dan kepedulian developer tentang kegiatan pembangunan sejauh ini. (4) harapan dan persepsi developer tentang dampak green home pada pelaksanaan/penerapan di masa depan. (5) peran serta developer tentang pelaksanaan/penerapan di masa depan. (6 implementasi green home di perumahan dalam pengembangan suplemen mata kuliah metode dan teknologi kontruksi di prodi PTB JPTK FIKP UNS.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktiptif. Sumber data penelitian adalah narasumber. Teknik sampling yang digunakan adalah expert dan purposesive sample. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik validasi menggunakan validasi kontruksi triangulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (Content Analysis).
Hasil penelitian ini antara lain (1) Bisnis bangunan hijau saat ini menarik bagi developer dan konsumen khususnya untuk kalangan menengah keatas, tetapi untuk mewujudkan sepenuhnya ramah lingkungan masih terkendala beberapa faktor. (2) Keterampilan green home penting sebagai nilai jual developer dan dianggap penting salah satu elemen dalam pembangunan. (3) Pengetahuan developer mengenai green home sudah baik. Pengalaman developer adalah menjaga, memelihara lahan terbuka hijau tetap ada, dan melakukan penghematan energi listrik, untuk terlibat proyek hijau developer belum pernah. Developer memiliki kepedulian yang besar dalam meimplementasikan green home di perumahan. (4) Harapan developer pemerintah melakukan sosialisasi green home kepada developer dan masyarakat dan ketersediaan material eco-label semakin banyak di Indonesia. Developer memiliki persepsi positif terhadap green home yaitu green home dapat mengatasi global warming, penggunaan energi lebih efisien, dan dampak green home positif bagi lingkungan, ekonomi dan sosial. (5) Developer memiliki peran serta yang baik dalam meimplementasikan green home di perumahan. (6) Green home bisa dimasukan dalam mata kuliah metode dan teknologi kontruksi.
Kata Kunci : green home, perumahan, developer

×
Penulis Utama : Heldi Apriandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1512028
Tahun : 2016
Judul : Kajian Implementasi Green Building Berdasarkan Konsep Green Home Pada Perumahan di Kota Solo Raya (Sebagai Suplemen Mata Kuliah Metode dan Teknologi Kontruksi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K.1512028-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Taufiq Lilo Adi Sucipto M.T
2. Eko Supri Murtiono S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.