Penulis Utama : Khaniffatur Rokhmah
NIM / NIP : X7211049
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan penggunaan metode sing a song dalam upaya peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris; (2) untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari yang berjumlah 19 siswa. Sumber data berasal dari dokumen, siswa, dan teman sejawat. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan didukung data kualitatif dan kuantitatif. Deskripsi kuantitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa hasil belajar. Data kualitatif berupa hasil wawancara dan observasi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama,  langkah penggunaan metode sing a song yaitu: (1) tahap pemilihan tema pembelajaran, (2) tahap pembentukan kelompok, (3) tahap pemilihan lagu, (4) tahap pengerjaan LKS, (5) tahap pembahasan LKS, (6) tahap drill menyanyikan lagu. Kedua,  penggunaan  metode sing a song dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari. Hasil belajar siswa terkait penggunaan metode sing a song meningkat tiap siklusnya terbukti dari hasil evaluasi siklus I sampai dengan siklus III. Pada siklus I ada 74% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 82, pada siklus II menurun 16% dari siklus I, hanya 58% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 83, dan pada siklus III meningkat 26% dari siklus II, ada 84% siswa yang mendapat nilai tuntas dengan nilai rata-rata 86. Ketiga, kendala dan solusi yang ditemui pada penggunaan  metode sing a song meliputi: (1) ada anak yang merasa keberatan dengan pasangan anggota kelompoknya, solusinya adalah memberi arahan pada siswa untuk menerima dengan ikhlas pasangan anggota kelompoknya, (2) anak masih ada yang merasa malu untuk menulis di papan tulis, solusinya adalah menanamkan sikap percaya diri pada siswa untuk tidak malu saat maju ke depan, (3) banyak siswa yang saling contek saat mengerjakan soal evaluasi, solusinya adalah memberi nasihat agar mandiri dan tidak ada budaya mencontek.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode sing a song dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Inggris.

Kata Kunci: Metode, sing a song, motivasi, hasil belajar, bahasa Inggris

×
Penulis Utama : Khaniffatur Rokhmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7211049
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Metode Sing a Song Dalam Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas IV SDN Tegalsari Adimulyo Tahun Pelajaran 2013/2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 PGSD Kebumen
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-X.7211049-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.