Penulis Utama : Dyah Ayuningtyas Purnomo
NIM / NIP : D0212037
×

Citra perusahaan dapat dibangun dari persepsi yang baik dan bagaimana perusahaan tersebut dapat diterima oleh masyarakat setempat dimana perusahaan itu berada. Melalui kegiatan Community Relation yang diwujudkan dalam program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan secara berkelanjutan oleh Public Relations PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu tentu akan sangat berpengaruh terhadap proses terbentuknya citra. Dalam penelitian ini, penulis berupaya mengetahui seperti apa citra yang terbentuk di masyarakat Kelurahan Ngelo dan Kelurahan Karangboyo sebagai masyarakat terdekat PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas community relation yang dilakukan Public Relations atau fungsi Legal & Relations PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang ditujukan kepada masyarakat Kelurahan Ngelo dan Kelurahan Karangboyo Kecamatan Cepu, selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui citra yang terbentuk di mata masyarakat sekitar perusahaan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumen. Informan dipilih berdasarkan purposive sampling, yaitu memilih informan yang berkaitan dengan kegiatan community relation yang dapat dipercaya untuk menjadi narasumber informasi dan memiliki pengetahuan mengenai masalah secara mendetail. Analisis data yang diperoleh menggunakan interaksi Miles dan Huberman, dan keabsahan data itu sendiri diuji menggunakan trianggulasi sumber.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa kegiatan Community Relation PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu yang diwujudkan dalam bentuk kegiatan CSR. Program CSR yang dilakukan Field Cepu ialah pemberian bantuan kepada masyarakat di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan lingkungan. Program tersebut merupakan bentuk tanggungjawab perusahaan terhadap masayarakat yang pada akhirnya bisa membentuk citra positif perusahaan, dan kegiatan Community Relation dijalankan dengan sangat baik oleh Legal & Relations telah mampu membentuk citra positif perusahaan di mata masyarakat sekitar. Hal ini 

terbukti dengan tanggapan positif dan kepercayaan yang diungkapkan masyarakat sekitar terhadap kegiatan Community Relation PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu.

Keywords: Community Relation, Corporate Social Responsibility, Citra

×
Penulis Utama : Dyah Ayuningtyas Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212037
Tahun : 2016
Judul : Community Relation dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Community Relation PT. Pertamina EP Asset 4 Field Cepu dalam Membentuk Citra Positif Pada Masyarakat Kelurahan Ngelo-Karangboyo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0212037-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Tanti Hermawati, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.