Penulis Utama : Linuwih Suci Ambarini
NIM / NIP : D1214048
×

Penelitian berawal dari ketertarikan penulis terhadap dunia periklanan yang ditayangkan melalui media massa elektronik terutama pada iklan audio visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2. Kreativitas media iklan dalam menyajikan pesan dan menawarkan produk dikemas sekaligus dalam satu paket. Hal ini terlihat dalam iklan audio visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2 di mana perusahaan ingin menawarkan produknya terkait dengan fenomena sosial yang ada di kalangan masyarakat yaitu tema seputar pernikahan dan pendidikan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam iklan audio visual Fair & Lovely edisi Nikah atau S2 dalam merepresentasikan pentingnya pernikahan dan pendidikan. Jenis penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif (data yang bersifat tanpa angka-angka atau bilangan).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis semiotik. Analisis semiotik merupakan cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna-makna terhadap lambang-lambang yang terdapat pada suatu paket lambang-lambang pesan atau teks. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer: data yang diperoleh dari rekaman iklan audio visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2, sumber data sekunder: data yang diperoleh dari studi kepustakaan, informasi media massa yang berhubungan dengan objek penulisan ini.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model analisis semiotik Roland Barthes. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah iklan audio visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2 yang akan dibahas lambang-lambang komunikasi dan aspek sinematografis setiap shot dan scene yang mendukung terbentuknya makna iklan tersebut, sehingga akan diperoleh makna denotasi, konotasi, dan mitos dari hubungan ketiganya.

Berdasarkan hasil penelitian, iklan audio visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2 berusaha menyampaikan pesan bahwa antara pernikahan dan pendidikan menjadi hal yang sama pentingnya. Selain itu dalam iklan audio visual tersebut juga berusaha menampilkan sesosok perempuan yang menggunakan produk Fair & Lovely adalah perempuan yang inspiratif, cerdas, penuh rasa percaya diri dan cantik baik dari luar maupun dari dalam.

Kata Kunci: Iklan, Semiotika Roland Barthes, Pernikahan dan Pendidikan

×
Penulis Utama : Linuwih Suci Ambarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214048
Tahun : 2016
Judul : Representasi Pentingnya Pernikahan dan Pendidikan Dalam Iklan Audio Visual (Analisis Semiotik tentang Representasi Pentingnya Pernikahan dan Pendidikan dalam Iklan Audio Visual Fair & Lovely Edisi Nikah atau S2)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1214048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.