Penulis Utama : Sutarmi
NIM / NIP : K1312069
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VIIA SMPN 2 Mojolaban tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMPN 2 Mojolaban yang berjumlah 32 siswa. Data dan sumber data berasal dari siswa, guru, dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan cara observasi, tes, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi penyidik. Analisis data menggunakan analisis data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dan analisis data hasil observasi/hasil test komunikasi matematika siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Missouri Mathematics Project.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project dapat meningkatkan komunikasi matematika di kelas VIIA SMPN 2 Mojolaban tahun ajaran 2015/2016. Hal ini dapat dilihat dari (1) hasil tes komunikasi matematika tertulis pada prasiklus sebesar 48,39% meningkat menjadi 67,74% pada siklus I dan II meningkat menjadi 77,42%, perolehan ini telah melampaui target yang ditetapkan yaitu 75% dan (2) hasil skor rata-rata observasi komunikasi lisan sebesar 1,75 meningkat menjadi 2,32 pada siklus I dan meningkat menjadi 3,05 pada siklus II. Perolehan ini telah mencapai target yang ditetapkan yaitu 2,51. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes tertulis dan lembar observasi komunikasi matematika lisan.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa kelas VIIA SMPN 2 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci : model pembelajaran missouri mathematic project, komunikasi matematika, segitiga dan segiempat

×
Penulis Utama : Sutarmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1312069
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Untuk Meningkatkan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Mojolaban Pada Materi Segitiga dan Segiempat Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K.1312069-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.