Penulis Utama : Anton Wahyu Prihartono
NIM / NIP : S231308002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses komunikasi internal yang dilakukan Solopos dalam proses menuju konvergensi media, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses Solopos menuju konvergensi media dan mengetahui model konvergensi media yang dilakukan Solopos.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Penelitian kualitatif ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang detail dan mendalam tentang proses komunikasi internal yang dilakukan Solopos dalam rangka menuju proses konvergensi media, model konvergensi media yang diterapkan di Solopos dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses Solopos menuju konvergensi media. Pengumpulan dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap pemimpin redaksi Solopos, redaktur pelaksana, redaktur dan reporter.

 Hasil penelitian ini menunjukkan proses komunikasi internal dalam rangka persiapan konvergensi media di Solopos lebih banyak berasal dari atas ke bawah. Pesan konvergensi media dan cara kerja disampaikan dengan sistem rantai komando dengan memperhatikan susunan hierarki dalam sebuah organisasi.. Konvergensi yang dilakukan di Solopos masuk pada model konvergensi newsgathering di mana dalam model ini seorang jurnalis dituntut untuk mampu mencapai tingkatan multitasking. Satu reporter bekerja untuk beberapa media atau beberapa platform dalam satu grup. Konvergensi media menuntut kemampuan pekerja media menguasai teknologi media yang terus berkembang. Konvergensi media juga membutuhkan dukungan teknologi yang memadai. Tanpa adanya teknologi, konvergensi media tidak akan bisa dilaksanakan maksimal. Konvergensi media menuntut sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan bekerja untuk platform cetak, online, televisi dan juga radio. Konvergensi media juga menuntut pekerja media mengubah budaya kerja dari yang semula masih single platform menjadi multi platform.

Kata Kunci: Komunikasi Internal, Perusahaan Pers, Konvergensi Media

×
Penulis Utama : Anton Wahyu Prihartono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231308002
Tahun : 2016
Judul : Pers dan Konvergensi Media (Studi Kasus Komunikasi Internal Surat Kabar Solopos dalam Menuju Konvergensi media)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Manajemen Komunikasi)
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Manajemen Komunikasi-S.231308002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Hastjarjo S.Sos, Ph.D
2. Dr. Andre Rahmanto S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.