Penulis Utama : Irvan Nurrohman
NIM / NIP : I0109042
×

Wonogiri merupakan daerah dengan kondisi medan dan topografi yang didominasi oleh wilayah perbukitan dan pegunungan. Hal ini menjadikan Wonogiri sebagai salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki potensi longsor tinggi. Penelitian ini membahas tentang perkuatan stabilitas lereng menggunakan dinding penahan tanah tipe gravitasi. Dari diharapkan mendapat desain ukuran dinding penahan tipe gravitasi yang efektif untuk menjadi alternatif yang bisa diaplikasikan guna menambah faktor aman dan mencegah longsor.

Penelitian ini diawali dengan mengumpulkan data sekunder dari penelitian Heny Pratiwi (2015). Variasi kemiringan sudut yang ditinjau adalah 45o dan 60o, sedangkan variasi dari dinding penahan tanah tipe gravitasi yang dilakukan adalah variasi tinggi dan lebar telapak. Analisis stabilitas lereng menggunakan program Geo-slope dan Metode Fellenius untuk mengetahui besarnya angka keamanan (SF) lereng pada kondisi sebelum dan setelah mendapat perkuatan dinding penahan tanah tipe gravitasi.

Hasil analisis stabilitas dinding penahan tanah tipe gravitasi untuk semua variasi mendapatkan nilai faktor aman yang memenuhi batas nilai faktor aman stabilitas terhadap pergeseran, penggulingan dan keruntuhan kapasitas daya dukung tanah. Nilai angka keamanan (SF) lereng sebelum mendapat perkuatan pada kemiringan 45o dan 60o berturut-turut adalah 0,779 dan 0,454. Pada lereng dengan kemiringan 45o dengan menerapkan semua variasi dinding penahan menghasilkan nilai angka keamanan (SF) lereng berturut-turut sebesar 1,287, 1,327, 1,494 dan 1,567. Sedangkan pada lereng dengan kemiringan 60o variasi dinding penahan tanah belum bisa menaikkan angka keamanan (SF). Tinggi dan lebar telapak dinding penahan tanah tipe gravitasi mempengaruhi besarnya angka keamanan (SF) lereng. Semakin tinggi dan lebar, maka angka keamanan (SF) akan semakin besar.

Kata kunci: Dinding penahan tanah, Angka keamanan, Stabilitas lereng, Fellenius, Geo-slope

×
Penulis Utama : Irvan Nurrohman
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0109042
Tahun : 2016
Judul : Analisis Dinding Penahan Tanah Tipe Gravitasi Pada Lereng di Desa Sumbersari, Tirtomoyo, Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil -I.0109042-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Niken Silmi Surjandari, ST, MT
2. Ir. Noegroho Djarwanti, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.