Penulis Utama : Iwan Setiadi
NIM / NIP : T431008006
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh stakeholders terhadap nilai perusahaan melalui pengungkapan lingkungan sebagai variabel moderasi. Stakeholders diukur dengan menggunakan proksi primary stakeholders yang terdiri dari pemegang saham, kreditur, konsumen, pemasok dan karyawan. Pengungkapan lingkungan diukur dengan proksi indeks pengungkapan lingkungan dan nilai perusahaan diukur dengan menggunakan modified Tobins Q.

Penelitian ini menggunakan SPSS versi 20. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda untuk menguji pengaruh langsung antar variabel dan Moderated Regression Analysis digunakan untuk menguji pengaruh variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari annual report resmi yang dipublikasikan perusahaan. Sampel penelitian berjumlah 134 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2010 sampai 2014.

Hasil penelitian membuktikan bahwa pengungkapan lingkungan memoderasi pengaruh kreditur, karyawan, konsumen dan pemasok terhadap nilai perusahaan. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan transparansi dan akuntabilitas mampu berperan dalam menjaga kepercayaan stakeholders terhadap perusahaan dan mendorong peningkatan nilai perusahaan.

Kata Kunci: stakeholders, pengungkapan lingkungan, nilai perusahaan 

×
Penulis Utama : Iwan Setiadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T431008006
Tahun : 2016
Judul : Stakeholders, Pengungkapan Lingkungan dan Nilai Perusahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Akuntansi Keuangan-T.431008006-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Rahmawati, M.Si, Ak
2. Prof. Djoko Suhardjanto, M.Com.(Hons), Ph.D.,Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.