Penulis Utama : Novia Nur Rochmah
NIM / NIP : K3211048
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran seni budaya materi keramik pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Mojolaban semester II tahun ajaran 2015/2016 (2) bentuk visual seni keramik yang dihasilkan oleh peserta didik, (3) peran pembelajaran seni keramik dalam mata pelajaran Seni Budaya sebagai pembentuk karakter pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Mojolaban. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan selama 3 bulan. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan peristiwa, dokumentasi dan arsip, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan analisis model mengalir.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, proses pembelajaran seni budaya materi keramik pada siswa kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Mojolaban semester II tahun ajaran 2015/2016 sesuai dengan kurikulum KTSP. Tujuan pembelajaran seni budaya materi keramik ini adalah adalah peserta didik mampu merancang karya seni kriya dengan teknik dan corak yang khas dalam negeri, peserta didik mampu menjelaskan teknik dan corak dalam negeri yang akan diterapkan dalam pembuatan karya, peserta didik mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya dalam negeri. Materi pembelajaran meliputi pengertian, teknik, alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan seni keramik. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah metode ceramah, metode pemberian tugas, dan metode eksperimen. Media yang digunakan guru adalah triplek, tanah liat, senar, dan meja putar. Sumber belajar yang digunakan adalah modul siswa dan buku. Penilaian atau evaluasi pembelajaran pada materi seni keramik ini menggunakan alat penilaian tugas unjuk kerja dan evaluasi observasi. Kedua, Visualisasi hasil karya peserta didik dalam membuat seni hampir seluruh karya peserta didik menggunakan garis-garis non formal. Sebagian besar peserta didik memilih desain benda fungsional. Tekstur yang ditampilkan pada karya peserta didik hampir semua sudah tampak halus atau rapi. Prinsip-prinsip desain yang digunakan dalam membuat karya seni keramik ini yaitu keseimbangan, proporsi, keselarasan, irama, dan penekanan. Ketiga, Karakter yang diharapkan tertanam pada diri peserta didik dari materi pembelajaran seni keramik ini diantaranya yaitu sikap rasa ingin tahu, kerja kareas, dan kreatif.

Kata kunci: pembelajaran, keramik, visualisasi, karakter

×
Penulis Utama : Novia Nur Rochmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3211048
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran Seni Budaya Materi Keramik Pada Siswa Kelas XI IPS 1 Semester II di SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3211048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Supriyadi, M.Pd
2. Endang Widiyastuti, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.