Penulis Utama : Nuril Huda
NIM / NIP : I1112065
×

Pembangunan dibidanginfrastrukturmengalamiperkembangan yang sangatpesat. Strukturbetonbertulangmerupakansalahsatustruktur yang sangatdiandalkankekuatannyasaatinidanbanyakdimanfaatkanpadapembangunangedung-gedungtinggi, jembatandenganbentangpanjangdansebagainya. Strukturdemikianmembutuhkanbetonmututinggidengankuattekanlebihbesardari 6000 Psi atau 41,4MPa yang digunakanuntukmenopangkomponenstruktur. Dengandemikianperluadanyapeningkatanmutubetondenganlangkahmenambahkanseratpadabetonsegar, makadipilihlahbahantambahseratbendrat yang berasaldaribahanlimbahproyekataudaurulang yang tidakbermanfaat, untukdimanfaatkankembalisebagaibahantambah yang bertujuanmeningkatkankuattekanbeton. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenambahanseratbendratdanbahantambahbestmittelterhadapsifat-sifatmekanikbetonberupakuattekandankuatgeser.

Metode eksperimen digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilaksanakan di laboratorium bahan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Benda uji berbentuk silinder dengan diameter 15 cm dan tinggi 30 cm untuk pengujiankuat tekan,8 cm x 12 cm x 100 cm untuk pengujian kuat geser. Benda uji masing-masing berjumlah 3 buah untuk 1 variasi kadar penambahan serat bendrat. Persentase serat bendrat yang digunakan adalah 0%; 0,5%; 1%; 1,5%; dan 2%. Pengujian menggunakan alat CTM (Compression Testing Machine) untuk kuat tekan dan BTM ( Bending Testing Machine ) untuk kuat geser. Hitungan analisis menggunakan bantuan program Microsoft Excel.

 Darihasilpenelitiandiperolehpeningkatannilaikuattekanbeton,menurutgrafik polynomialdapatdisimpulkanbahwa,adakenaikannilaikuattekanbetondenganpenambahanseratbendrat,hinggamencapai optimum yaitupadakadarbendrat 1,067% sebesar58,53 MPa dari beton biasa tanpa campuran.Menurut hasil regresi terhadap hasil analisa perhitungan diperoleh : Nilai kuat geser maksimalberdasarkan pengujian adalah pada kadar 1,21% (BL-1%) sebesar 21,88kN. Nilai kuat geser maksimal analisisberdasarkan SNI  adalah pada kadar 1,07% (BL-1%) sebesar 9,67kN.

Kata kunci :Beton Mutu Tinggi, Serat Bendrat,Bestmittel,Kuat Tekan, Kuat Geser.<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman","serif";} </style>

×
Penulis Utama : Nuril Huda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1112065
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penambahan Serat Bendrat dan Bahan Tambah Bestmittel Pada Beton Mutu Tinggi Terhadap Kuat Geser Dengan Metode American Concrete Institute (ACI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Teknik Jur. Teknik Sipil-I.1112065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Slamet Prayitno
2. Ir. Supardi, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.