Penulis Utama : Putri Chintya Dewi
NIM / NIP : K7112186
×

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi siswa dengan menggunakan metode mind mapping pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan berlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Uji validitas data yang digunakan oleh peneliti adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi. Peningkatan tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep struktur bumi siswa pada setiap siklus, yaitu nilai rata-rata pemahaman konsep struktur bumi siswa pratindakan hanya sebesar 59,5. Pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep struktur bumi siswa menjadi 72,03 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,03. Sebelum dilakukan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥70) hanya 9 siswa (30%). Pada siklus I meningkat menjadi 20 siswa (66,67%) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 27 siswa (90%).
Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan pemahaman konsep struktur bumi pada siswa kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci : pemahaman konsep struktur bumi, metode mind mapping

×
Penulis Utama : Putri Chintya Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112186
Tahun : 2016
Judul : Peningkatanpemahaman Konsep Struktur Bumi Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Banaran 04 Grogol Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112186-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd
2. Dr. Peduk Rintayati, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.