Penulis Utama : Andri Wibowo
NIM / NIP : A121408013
×

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dan besarnya kemampuan memprediksi antara kecepatan reaksi, fleksibilitas, koordinasi mata-tangan, power otot tungkai dan power otot lengan dengan keterampilansmash semi bolavoli.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Metode Penelitian Korelasional. Pengambilan sampel penelitian didasarkan metode purposive random sampling dengan subyek atlet puteri club Bolavoli Vita Surakarta dan didapatkan responden sejumlah 60 atlet. Variabel bebas penelitian ini adalah kecepatan reaksi, fleksibilitas, koordinasi mata-tangan, power otot tungkai dan power otot lengan dengan variabel terikat yaitu smash semi bolavoli.Analisis data menggunakankorelasi regresi dengan melakukan pengujian prasyarat uji normalitas dan linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi dan korelasi masing-masing prediktor dan analisis regresi ganda serta korelasi ganda.

Kecepatan reaksi dengan keterampilan smash semi sebesar 0,534,fleksibilitas dengan keterampilan smashsemi sebesar 0,548, koordinasi mata-tangan dengan keterampilan smashsemi sebesar 0,517. Power otot tungkai dengan keterampilan smashsemi sebesar 0,548.Power otot lengan dengan keterampilan smashsemi sebesar 0,586. Hasil analisis secara simultan juga menunjukkan bahwa faktor-faktor atau variabel-variabel tersebut secara bersama memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis regresi ganda diperoleh harga r hitung sebesar 0,846 dan harga F hitung sebesar 27,111 dengan signifikansi sebesar 0,000. Karena harga signifikansi < 0,05, maka secara bersama-sama kelima variabel tersebut berhubungan secara signifikan dengan keterampilan smashsemi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor kecepatan reaksi, fleksibilitas, koordinasi mata-tangan, power otot tungkai dan power otot lengan memiliki hubungan dan dapat meningkatkan hasil keterampilan smash semi bolavoli.

Kata kunci : kecepatan reaksi, fleksibilitas, koordinasi mata-tangan, power otot tungkai dan power otot lengan, prediksi keterampilan smash semi bolavoli.

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

×
Penulis Utama : Andri Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408013
Tahun : 2016
Judul : Prediksi Keterampilan Smash Semi Bolavoli Berdasarkan Kecepatan Reaksi, Fleksibilitas, Koordinasi Mata – Tangan, Power Otot Tungkai dan Power Otot Lengan Studi Korelasional pada Atlet Puteri Club Bolavoli Vita Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Pascasarjana Progdi. Ilmu Keolahragaan-A.121408013-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof.Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.