Penulis Utama : Rohmad Mustaqim
NIM / NIP : K6412063
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh pemahaman siswa tentang integrasi sosial terhadap sikap peduli sosial di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 14 kelas sebanyak 414 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Proposional Random Sampling, dan diperoleh sampel sebanyak 200 siswa yang diambil secara acak dari 14 kelas yaitu yaitu XI-IPA 1 (Boarding School) Putra, XI-IPA 2 (Boarding School) Putri 1, XI-IPA 3 (Boarding School) Putri 2, XI-IPA 4 (Full Day) Putra, XI-IPA 5 (Full Day) Putri, XI-IPS 1 (Full Day) Putri 1, XI-IPS 2 (Full Day) Putri 2, XI-IPS 3 (WORKSHOP), XI-IPS 4 (Reguler) 1, XI-IPS 5 (Reguler) 2, XI-IPS 6 (Reguler) 3, XI-Program Keagamaan Putri 1, XI-Program Keagamaan Putri 2 dan XI-Program Keagamaan Putra. Teknik pengumpulan data untuk variabel pemahaman siswa tentang integrasi sosial (X) menggunakan metode tes sedangkan variabel sikap peduli sosial (Y) menggunakan metode angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis satu prediktor dengan tahap-tahap sebagai berikut: (1) menghitung korelasi sederhana antara X dan Y, (2) uji signifikansi koefisien korelasi, (3) menghitung besaran sumbangan determinasi, (4) menghitung harga persamaan regresi linier. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Tahap Pra Penelitian, (2) Tahap Pekerjaan Lapangan, (3) Tahap Analisis Data, (4) Tahap Penyusunan Laporan Penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan antara pemahaman siswa tentang integrasi sosial dan sikap peduli sosial di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data yang menyebutkan bahwa rhitung < rtabel yaitu 0,106 < 0,138 serta koefisien korelasinya thtiung < ttabel atau 1,5 < 1,971. Sedangkan besaran sumbangan determinasi sebesar 1,12%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh antara pemahaman siswa tentang integrasi sosial terhadap sikap peduli sosial di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Integrasi Sosial, Sikap Peduli Sosial.

×
Penulis Utama : Rohmad Mustaqim
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412063
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Pemahaman Siswa Tentang Integrasi Sosial Terhadap Sikap Peduli Sosial (Studi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K .6412063-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, SH, M.Hum.
2. Dr. Winarno, S.Pd, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.