Penulis Utama : Sarwo Edi
NIM / NIP : K2512066
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui bagaimana pelaksanaan prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta. 2) Mengembangkan Standar Pelaksanaan Prakerin pada program keahlian Teknik Pemesinan di SMK wilayah Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian komparatif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK dengan program keahlian Teknik Pemesinan di Surakarta. Sampel yang terpilih adalah SMK N 5 Surakarta, SMK Pancasila Surakarta, dan SMK PGRI 1 Surakarta dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini dimulai dari pengumpulan data, analisis data dan pengambilan Kesimpulan. Jenis data yang dugunakan yaitu data kualitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis dokumen.
Berdasarkan hasil penelitian, alur pelaksanaan prakerin yang dapat diusulkan adalah sebagai berikut 1) Tahap Sinkronisasi Industri, 2) Tahap Evaluasi Kelayakan Industri, 3) Tahap penetapan Industri Sementara, 4) Tahap Sosialisasi Prakerin, 5) Tahap Pemilihan DU/DI oleh Peserta Prakerin, 6) Tahap Final Penetapan Industri, 7) Tahap Pembuatan Kerjasama dengan DU/DI, 8) Tahap Pembekalan Prakerin, 9) Tahap Pelaksanaan Prakerin, 10) Tahap Pembimbingan Peserta Prakerin, 11) Tahap Penanganan Siswa Bermasalah, 12) Tahap Penarikan Prakerin, 13) Tahap Penilaian dan Sertifikasi Peserta Prakerin, dan 14) Tahap Pengumpulan dan Pemberkasan Rekaman Prakerin.
Kata Kunci: Sekolah Menengah Kejuruan, Prakerin, SOP.

×
Penulis Utama : Sarwo Edi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512066
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) Siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan di Wilayah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512066-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suharno, S.T., M.T.
2. Dr. Indah Widiastuti, S.T., M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.